Geopolitik, AI, dan ESG, Jadi Fokus Utama di ACRAA Summit 2024
Ilustrasi AI. (X/@sama)
13:27
20 September 2024

Geopolitik, AI, dan ESG, Jadi Fokus Utama di ACRAA Summit 2024

–ACRAA (Association of Credit Rating Agencies in Asia) Summit digelar pada 15 September di Hotel Four Seasons Beijing. Itu menjadi ajang penting bagi lembaga pemeringkat kredit di Asia untuk membahas tantangan global yang semakin kompleks.

Fokus utama diskusi di Summit ini meliputi isu geopolitik, perkembangan Artificial Intelligence (AI), dan pentingnya penerapan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), dalam evaluasi kredit. CEO PT Kredit Rating Indonesia Syaiful Adrian yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menegaskan, ketiga isu itu akan memiliki dampak besar terhadap daya saing negara, industri, maupun perusahaan di masa depan.

”Kegagalan dalam mengelola dinamika geopolitik, AI, dan ESG, dapat menurunkan daya saing. Pada akhirnya berpotensi mengurangi kemampuan negara dan perusahaan dalam memenuhi kewajiban utang mereka,” jelas Syaiful.

Isu geopolitik, seperti polarisasi politik global dan konflik Rusia-Ukraina, menjadi sorotan dalam pertemuan. Pertanyaan pun muncul mengenai objektivitas metodologi pemeringkatan negara-negara di tengah ketegangan geopolitik. Sejumlah perwakilan menggarisbawahi pentingnya memastikan bahwa penilaian kredit tetap objektif dan bebas dari bias, terutama di tengah konflik yang memengaruhi aliansi internasional.

Selain itu, AI juga menjadi sorotan, dengan diskusi mengenai bagaimana teknologi ini dapat memengaruhi metode penilaian risiko kredit. Penerapan AI yang tepat dapat meningkatkan akurasi penilaian, namun di sisi lain, risiko penyalahgunaan teknologi tersebut juga perlu diantisipasi.

Syaiful menambahkan, seiring dengan pemanfaatan teknologi AI seperti yang telah dilakukan secara intensif di Kredit Rating Indonesia, tetap perlu dicermati para analis agar kombinasi antara teknologi AI dengan analis yang berpengalaman dapat terus secara konsisten memberikan hasil yang presisi dalam hal pemeringkatan.

ACRAA didirikan oleh Asian Development Bank (ADB), memiliki peran penting sebagai wadah komunikasi dan pertukaran pengetahuan di antara lembaga pemeringkat kredit di Asia. Summit tersebut merupakan salah satu upaya ACRAA untuk memastikan bahwa lembaga pemeringkat di Asia mampu menghadapi perubahan global yang cepat dengan tetap menjaga akurasi dan objektivitas penilaian mereka. Kredit Rating Indonesia telah menjadi anggota ACRAA sejak 2023 yang menjadikannya sebagai lembaga pemeringkat yang trusted dan reliable.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #geopolitik #jadi #fokus #utama #acraa #summit #2024

KOMENTAR