Selandia Baru Komit Dukung Peningkatan Kapasitas Panas Bumi Indonesia
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga panas bumi. (Istimewa)
08:45
19 September 2024

Selandia Baru Komit Dukung Peningkatan Kapasitas Panas Bumi Indonesia

Pemerintah Selandia Baru berkomitmen terus mendukung Indonesia dalam meningkatkan kontribusi energi panas bumi guna memenuhi komitmen dalam perubahan iklim lewat pengembangan energi terbarukan melalui program Kerjasama Panas Bumi Indonesia–Aotearoa New Zealand (PINZ).

"Kami berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan ambisi panas buminya melalui berbagi pengetahuan, teknologi mutakhir, dan kemitraan bisnis yang kuat," kata Cecilia Shand, Komisaris Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia dalam keterangannya, Kamis (19/9).

Sebagai negara dengan sumber daya panas bumi kedua terbesar di dunia, Indonesia membuka peluang kerja sama dengan negara sahabat dalam pengelolaan potensi panas bumi.

Komitmen Indonesia terhadap transisi energi menjadi fokus utama selama Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024, melalui kolaborasi internasional untuk mempercepat pengembangan panas bumi.

Selandia Baru menjadi contoh utama negara yang berhasil mengelola energi panas bumi secara efektif untuk memenuhi kebutuhan pasokan energinya.

PINZ adalah sebuah program lima tahun, yang berfokus pada penyediaan pendampingan teknis dan pembangunan kapasitas lintas tiga bidang utama: kerangka regulasi, eksplorasi panas bumi, dan peningkatan keterampilan teknis dan kapasitas tenaga kerja.

Kontribusi Selandia Baru terhadap industri panas bumi Indonesia juga mencakup beasiswa pascasarjana di bawah Program Beasiswa Manaaki dan berbagai kesempatan pelatihan jangka pendek setiap tahunnya.

Selain kolaborasi pemerintah, para ahli panas bumi Selandia Baru berkomitmen untuk membina kemitraan business-to-business dengan pengembang Indonesia.

Kemitraan ini akan memberikan akses kepada perusahaan Indonesia terhadap keahlian Selandia Baru dalam praktik teknis terbaik, ilmu pengetahuan, dan teknologi canggih panas bumi, yang selanjutnya mempercepat pengembangan proyek panas bumi di Indonesia secara signifikan.

Selama ini, Indonesia dan Selandia Baru telah membangun kemitraan yang kuat dalam sektor energi panas bumi selama lebih dari 40 tahun, dimulai dengan dukungan Selandia Baru dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama Indonesia di Kamojang, Jawa Barat.

Kolaborasi jangka panjang ini terus berkembang, dengan Selandia Baru secara aktif mendukung ambisi panas bumi Indonesia sebagai bagian dari tujuan transisi energinya yang lebih luas.

Energi panas bumi merupakan sumber energi terbarukan yang penting bagi Selandia Baru, menyediakan sekitar 18% dari total pasokan listrik negara tersebut pada tahun 2023, dengan sumber daya energi terbarukan berkontribusi 88,1% terhadap pasokan listrik seluruh negara.

Ke depan, Selandia Baru memperkirakan adanya tambahan kapasitas panas bumi sebesar 833 MW dalam beberapa tahun yang akan datang. Negara ini juga fokus untuk menyuntikkan kembali semua non-condensable gas (NCG) dari pembangkit listrik, yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon lintas industri panas bumi.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #selandia #baru #komit #dukung #peningkatan #kapasitas #panas #bumi #indonesia

KOMENTAR