Sebut Harga Avtur RI Mahal, Luhut Langsung Temui Bos AirAsia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan di Bali International Airshow 2024 pada Rabu (18/9/2024). [Suara.com/Sumarni]
19:31
18 September 2024

Sebut Harga Avtur RI Mahal, Luhut Langsung Temui Bos AirAsia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan secara langsung bertemu dengan CEO Capital A Berhad (induk maskapai penerbangan AirAsia) Tony Fernandes di sela acara Bali International Airshow 2024.

Luhut di Kabupaten Badung, Bali, Rabu, mengatakan keduanya bertemu untuk membahas keterangan Tony soal bahan bakar pesawat atau avtur Indonesia yang termahal di Asia Tenggara.

“Tadi sudah kami bicarakan dengan AirAsia, saya bicara dengan Tony Fernandes, saya lihat struktur harga bahan bakarnya,” kata Luhut dikutip Antara, Rabu (18/9/2024).

Luhut mengaku akan hendak mempelajari dan meniru negara tetangga soal penetapan harga avtur.

Baca Juga: Kredit Perbankan Melambat, Bos BI Bilang Begini

“Singapura saja bisa lebih murah dari kita, pasti ada high cost tersembunyi yang harus kita selesaikan,” ujarnya.

Selain itu, Menkomarves menyebut rute pesawat terbang Indonesia di bawah standar normal, sehingga ia mengutus Menteri Perhubungan menggunakan perangkat lunak milik Boeing untuk mencari tahu kelemahan Indonesia.

Diketahui pada Kamis (5/9/2024) Tony Fernandes menyampaikan tarif bahan bakar pesawat di Indonesia 28 persen lebih tinggi di kawasan.

Kondisi ini berimbas pada biaya operasional maskapai yang berujung pada tingginya harga tiket pesawat penerbangan domestik di Indonesia.

Baca Juga: Peningkatan Harga Pasar Ian Maatsen jika Bela Timnas Indonesia, Bisa Tembus Rp1 Triliun?

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #sebut #harga #avtur #mahal #luhut #langsung #temui #airasia

KOMENTAR