Eropa Percaya PLTP Poco Leok, Peneliti Alpha Research: Bukti Potensi Energi Hijau Indonesia
ILUSTRASI: PLTP Ulubelu 2x55MW, berperan dalam mendukung sistem kelistrikan wilayah sumatera bagian selatan. PLTP ini juga telah tersertifikasi REC (Renewable Energy Certificate). (dok. PLN IP)
17:00
13 September 2024

Eropa Percaya PLTP Poco Leok, Peneliti Alpha Research: Bukti Potensi Energi Hijau Indonesia


- Peneliti Alpha Research Database Ferdy Hasiman menyebut negara maju seperti Jerman sudah menyatakan minat pada pengembangan energi hijau di Manggarai melalui Bank Kreditanstalt für Wiederaufbau (KfW). 

"Negara-negara Eropa, seperti Jerman saja sudah mau berinvestasi ke Manggarai melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Itu bukti bahwa mereka percaya di wilayah kecil ini mampu melistriki daerahnya dengan energi hijau. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk menolaknya," kata Ferdy dalam keterangannya, Jumat (13/9).

Jika pengembangan PLTP Poco Leok ini berhasil, lanjut Ferdy, maka masyarakat akan menikmati limpahan investasi pada sektor lain yang segera menyusul. "Jadi, tidak hanya Jerman, investasi pada sektor pariwisata maupun kelautan bisa datang sangat luar biasa. Namun jika tidak ada pengembangan, ya susah," tegasnya.

Ferdy meyakini, pengembangan PLTP Poco Leok ini sebagai gerbang kemandirian energi di Manggarai. "PLTP Poco Leok dipastikan mampu mengurangi ketergantungan energi dari luar wilayah. Kita pasti lebih bisa mandiri secara energi," tegasnya.
 
Untuk itu, papar Ferdy, masyarakat Poco Leok harus jeli melihat kebutuhan dan memilih energi yang ramah terhadap lingkungan. Menurutnya, PLTP Poco Leok merupakan salah satu energi ramah lingkungan, maka kita sangat membutuhkan.

Sementara itu, dalam kesempatan dialog dengan perwakilan bank dari Jerman tersebut, banyak harapan juga disampaikan warga dan para tua gendang serta tokoh adat dari Gendang Tere, Jong, Rebak, Mesir, Lungar, Ncamar, Leda, Lelak, Cako, dan Mano. "Seluruh warga Gendang Lelak sangat mendukung program geothermal, karena kita semua ingin maju. Kami butuh listrik karena kami percaya listrik membawa kemajuan untuk kami semua," ujar Mama Leviana Saul, warga Gendang Lelak.

Sepakat dengan Mama Leviana Saul, mewakili warga Gendang Mesir, Hendrikus Sopan, mengungkapkan rasa bahagianya atas kunjungan perwakilan Bank KfW melalui Monkey Forest Consulting (MFC). "Saat ini kami sangat bahagia karena pihak perwakilan bank Jerman menemui kami semua yang merupakan warga yang mendukung terhadap proyek pembangunan geothermal di Poco Leok," kata Hendrikus Sopan.

Dukungan terhadap pemberdayaan panas bumi itu juga datang dari kalangan warga yang tinggal di sekitar pengembangan PLTP Ulumbu 5-6, satu di antaranya ialah Alfons Sukur. Pada kesempatan tersebut, Ferdy juga menegaskan bahwa pengembangan PLTP Poco Leok sangat ramah terhadap lingkungan.

"Semuanya telah diukur, bahkan ilmuwan ITB sudah memaparkan kemarin. Ini tidak akan menyebabkan kerusakan lingkungan," katanya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #eropa #percaya #pltp #poco #leok #peneliti #alpha #research #bukti #potensi #energi #hijau #indonesia

KOMENTAR