Eksplor Horror! Inilah Rekomendasi Tempat Mistis di Jogja yang Wajib Dikunjungi dan Rasakan Sensasinya
Tempat Mistis Di Jogja / https://www.tempatwisata.pro/wisata/Museum-Benteng-Vredeburg
09:14
17 Januari 2024

Eksplor Horror! Inilah Rekomendasi Tempat Mistis di Jogja yang Wajib Dikunjungi dan Rasakan Sensasinya

Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang masih kental dengan budayanya.

Kota ini mempertahankan tradisi-tradisinya sejak Kerajaan Mataram, sehingga menciptakan hubungan erat antara budaya, sejarah, dan masyarakat setempat.

Jogja terkenal akan banyaknya tempat bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini dan nilai-nilai budaya kuno masih dijaga dengan erat.

Setiap sudut Jogja menyimpan kisah-kisah rumit dari sejarah panjangnya, mulai dari peperangang, perebutan tahta, percindan dan lain-lain.

Tidak hanya itu, dari berbagai kabar yang sudah beredar, beberapa tempat mengandung cerita misteri yang sangat menarik untuk ditelusuri.

1. Taman Sari

Taman Sari memiliki mitos populer mengenai lorong Sumur Gumuling yang panjangnya 39 meter, dahulu konon katanya dapat tembus hingga pantai Selatan.

Mitos lainnya mengatakan bahwa Sumur Gumuling merupakan tempat pertemuan antara sultan Yogyakarta dengan Ratu Pantai Selatan.

Sri Sultan Hamengkubuwono I dikatakan membangun Keraton yang sejajar dengan Gunung Merapi dan Pantai Selatan.

2. Museum Benteng Vredeburg

Gedung peninggalan Belanda yang dahulu pernah menjadi benteng pertahanan. Lokasinya berada di tengah kota dan selalu ramai pengunjung.

Meski begitu tempat wisata ini menyimpan segudang misteri, salah satunya penampakan Noni Belanda berkaki kuda dan kemunculan serdadu Belanda tanpa kepala.

Eksplorasi museum ini sendirian, sepanjang lorong akan membuat bulu kuduk merinding saat merasakan kehadiran makhluk tak kasat mata.

3. Kawasan Gunung Merapi

Gunung yang terkenal gagah dan megah ini tidak luput dari cerita misteri. Tempat-tempat mistis yang terkenal adalah Pasar Bubrah, Keraton Merapi, Gunung Wutoh, Bunker Kaliadem, dan hutan sekitar.

Pasar Bubrah merupakan pasar gaib yang kadang terlihat oleh manusia. Keraton Merapi konon dianggap sebagai keratin di kawasan Gunung Merapi sejak zaman Kerajaan Mataram.

Gunung Wutoh adalah gerbang masuk ke Keraton Merapi. Bunker Kaliadem, walaupun tempat perlindungan terdapat cerita angker di dalamnya.

4. Ambarukmo Plaza

Ambarukmo Plaza adalah mall mewah di Yogyakarta, dahulu merupakan tempat peristirahatan Sultan lengkap dengan kolam, kandang kuda, dan kebun buah.

Sejak awal pembangunan cerita mistis seperti pekerja yang kesurupan, eskalator yang tiba-tiba berhenti dan berfungsi kembali setelah diberi sesajen, rumput yang tidak bisa dipotong, hingga kemunculan makhluk tak kasat mata menyerupai manusia.

5. Empire XXI

Sebelum menjadi bioskop dulu merupakan swalayan. Gedung ini memiliki dua lantai, lantai pertama swalayan dan kedua bioskop.

Pada tahun 1999 terjadi kebakaran hebat yang mengakibatkan runtuh dan menimbulkan cerita-cerita mistis.

Bioskop Regent yang berdekatan mengalami hal serupa, kabarnya menelan 15 korban jiwa.

Selain itu, kemunculan makhluk halus, jeritan tanpa tuan, dan misteri penonton tak diundang.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #eksplor #horror #inilah #rekomendasi #tempat #mistis #jogja #yang #wajib #dikunjungi #rasakan #sensasinya

KOMENTAR