Rekomendasi Spot Berburu Sunset di Banyuwangi yang Keindahannya Sangat Memanjakan Mata
Keindahan Sunset di Taman Nasional Baluran (JapanPrivatetour)
22:28
1 Mei 2024

Rekomendasi Spot Berburu Sunset di Banyuwangi yang Keindahannya Sangat Memanjakan Mata

Jawapos.com - Sebagai kota dengan julukan Sunrice Of Java namun ternyata Banyuwangi memiliki spot berburu sunset yang sangat indah untuk dinikmati.

Sebut saja pantai Pulau Merah, pantai ini saat senja akan menyuguhkan sunset yang sangat ciamik.

Perlu diketahui Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berada di ujung pulau jawa dan berbatasan langsung dengan selat Bali. Terdapat berbagai tempat wisata dengan pemandangan indah.

Dimana beberapa diantaranya menyajikan keindahan sunset luar biasa. Bagi anda penikmat senja silahkan simak artikel di bawah ini untuk mengetahui beberapa spot berburu sunset di Banyuwangi.

Sebenarnya banyak lokasi menikmati sunset di Banyuwangi, namun kami akan ulas beberapa tempat yang paling populer dan sering dikunjungi.

1. Pantai Pulau Merah

Pantai pulau merah merupakan salah satu wisata andalan pemerintah setempat yang memiliki keindahan alam dan terkenal dengan sunsetnya yang sangat luar biasa.

Dilansir dari laman Jawa Pos Radar Banyuwangi pantai ini berada di Desa Sumberagung, Pesanggaran Banyuwangi.

Dikatakan pantai dengan sajian pasir putih tersebut menjadi jujugan andalan para wisatawan baik hari biasa maupun saat hari libur, Baik mereka ingin menikmati keindahan pantai atau hingga menikmati sunset.

Bagi anda penikmat senja pulau merah sangat cocok dijadikan jujugan utama, karena lokasi pantai yang menghadap selatan dan sedikit condong kebarat menjadikan sudut pandang pemandangan matahari tenggelam sangat ciamik.

2. Waduk Bajulmati

Spot berikutnya untuk berburu sunset di banyuwangi adalah di wisata Waduk Bajulmati. Waduk ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo di sebelah utara.

Waduk yang terbentuk dari sungai yang mengalir dari barat ke timur menjadikan view sunset sangat elegan.

Dilansir dari laman Getlost.id wisata yang berad di kawasan Taman Nasional Baluran ini dikatakan sebagai miniatur raja ampat. Karena di tengah waduk terdapat bukit bukit kecil yang hampir menyerupai raja ampat.

Bagi anda pemburu sunset jangan sampai melewatkan spot ini ketika berkunjung ke Banyuwangi agar tidak menyesal nantinya. Anda hanya perlu melakukan perjalanan dari pusat kota sekitar 1 jam.

3. Alas Purwo

Alas Purwo menjadi salah satu taman nasional yang berada di Kabupaten Banyuwangi yang menyajikan keindahan alamnya.

Jadi selain bisa menikmati berbagai satwa liar saat sore hari anda bisa menikmati sunset yang bisa disaksikan melalui bibir pantai pancur.

Dikutip dari akun instagram resmi Alas Purwo @btn_alaspurwo wisatawan yang berkunjung saat hari biasa akan dikenakan tarif Rp. 15.000 per orang sedangkan saat weekend atau hari libur harganya Rp 17.500, selain itu ada juga tiket kendaraan sebesar Rp 5000 untuk roda 2 dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Harga tersebut dianggap cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang tersedia.

Karena selain menikmati sunset anda juga bisa berkunjung ke wisata lainnya seperti Savana Sadengan, Wisata Goa Istana, Mangrove Bedul dan juga Pantai Plengkung.

4. Pantai Plengkung

Masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, pantai plengkung juga menjadi lokasi menikmati keindahan sunset yang sangat indah. Keindahan sunset yang dimiliki pantai plengkung atau G-land ini sangat menarik pengunjung.

Apalagi saat waktu senja, dipastikan visual tenggelamnya matahari akan membuat anda terkagum - kagum. Maka dari itu kami sarankan anda yang berkunjung ke Banyuwangi untuk mengunjungi pantai tersebut.

Dilansir dari laman Pergimulu.com kaetikan ingin berkunjung ke pantai plengkung anda harus berjalan kaki sejauh 9 Km. Selain itu anda juga menyewa trooper atau jeep yang memang disediakan untuk pengunjung.

5. Taman Nasional Baluran

Berbeda dengan spot sunset yang sebelumnya, kali ini anda bisa menikmati sunset di tengah hamparan padang savana di Taman nasional baluran. Secara geografi taman nasional ini berada diantaran Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.

Dilansir dari laman Inspirasi.dwidayatour.co.id keindahan sunset di taman Baluran sangat menawan untuk dinikmati. Apalagi jika anda berkunjung saat musim kemarau sunset akan tampak lebih indah.

Dari hamparan padang yang luas menampilkan cahaya kemerahan dari pantulan matahari yang mulai terbenam.

Dan untuk menikmati sunset di sini anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 16.500 hari kerja, dan Rp 18.500 hari libur serta biaya parkir Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Baiklah demikian ulasan lokasi wisata di Banyuwangi yang menyajikan keindahan sunsetnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung ketika datang ke Banyuwangi agar tidak rugi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #rekomendasi #spot #berburu #sunset #banyuwangi #yang #keindahannya #sangat #memanjakan #mata

KOMENTAR