Liburan ke Singapura yang Berkesan, Wajib Nikmati Perjalanan Budaya dan Kuliner
Jika Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri, beberapa persiapan perlu dilakukan dengan cermat, terutama bagi pelancong internasional pemula.
15:28
25 Oktober 2024

Liburan ke Singapura yang Berkesan, Wajib Nikmati Perjalanan Budaya dan Kuliner

- Liburan Tahun Baru segera tiba. Waktu yang tepat untuk bersantai dan menciptakan kenangan. Jika Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri, beberapa persiapan perlu dilakukan dengan cermat, terutama bagi pelancong internasional pemula.

Persiapan tersebut meliputi kesiapan dokumen, waktu keberangkatan, rute perjalanan, hingga pemilihan moda transportasi dan akomodasi. Termasuk juga memilih negara yang akan dikunjungi. Singapura bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat bagi mereka yang baru pertama kali berpetualang ke luar negeri.

Sebagai negara tetangga, meski penerbangan dari Jakarta ke Singapura hanya memakan waktu beberapa jam, Anda akan merasakan suasana yang benar-benar berbeda saat menginjakkan kaki di negara ini.

Singapura menawarkan beragam wisata dengan pesonanya masing-masing, mulai dari pengalaman menjelajah kawasan budaya, menikmati keindahan alam dan lanskap yang modern, bermain di taman hiburan yang hanya satu-satunya di Asia Tenggara, hingga mencoba beragam kuliner lokal. Berikut lima ide kegiatan yang bisa dilakukan agar momen liburan di Singapura makin berkesan.

1. Menjelajah dan mengenal ragam budayanya

Setiap sudut Singapura memiliki ragam budaya yang kental dan terjaga. Warga lokalnya bahkan bisa berbicara menggunakan hahasa yang berbeda-beda karena negara ini memiliki 4 bahasa resmi yang digunakan sehari-hari yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Terdapat beberapa kawasan ramah turis yang berlokasi dan memiliki nuansa kental dengan kebudayaan tertentu.

Anda yang tertarik dengan budaya peranakan dapat mengunjungi kawasan Chinatown, ada pula Haji Lane yang popular dengan suasana Timur Tengah, hingga Little India yang menjadi salah satu kawasan paling semarak di Singapura karena dipenuhi deretan kios makanan dan toko-toko.

2. Menikmati keindahan alam dan lanskap kota yang modern

Seluruh bagian Singapura dihiasi dengan berbagai spesies pohon, bunga serta taman hijau sehingga negara ini disebut juga sebagai Garden City. Bagi Anda pecinta tumbuhan dan bunga-bunga, berkunjung ke Gardens by the Bay tidak boleh terlewatkan. Di sini terdapat Flower Dome – rumah kaca terbesar di dunia yang berukuran 1,28 hektar yang dipenuhi beragam spesies tanaman dan bunga berwarna-warni.

Jika berjalan sedikit keluar dari area Gardens by the Bay, Anda akan melihat Dragonfly Lake dan Kingfisher Lake, danau buatan dengan banyak pepohonan serta pemandangan lanskap kota Singapura yang megah.

3. Bersenang-senang di Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapure atau yang biasa disingkat dengan USS adalah taman hiburan milik Universal Studio pertama dan satu-satunya yang berlokasi di Asia Tenggara. Terdapat beragam wahana memacu adrenalin, pertunjukan interaktif, dan berbagai atraksi menarik bertemakan film blockbuster dan serial televisi terkenal favorit Anda dan keluarga.

Mengunjungi USS mungkin Anda akan membutuhkan waktu satu hari karena terdapat 6 zona dengan tema yang berbeda yang sayang untuk dilewatkan, yaitu The Lost Worlds, Far-Far Away, Ancient Egypt, Hollywood, New York, dan Sci-Fi City. Pada tahun 2025 USS akan membuka zona baru bertemakan Minion Land.

4. Mencicipi ragam kuliner lokal

Untuk Anda pecinta kuliner, tentunya tidak akan melewatkan kesempatan mencoba jajanan dan hidangan lokal Singapura langsung. Pada sore ke malam hari biasanya warga Singapura akan memenuhi pusat-pusat makanan yang disebut hawker centre. Beberapa pilihan hawker center yang menjadi favorit warga karena pilihannya yang beragam serta harganya yang terjangkau yaitu Maxwell Food Centre, Newton Food Centre, dan Lau Pa Sat.

Jika Anda mengunjungi hawker centre jangan lupa mencari dan mencoba makanan khas lokal seperti Tian Tian Chicken Rice dan kue Tapioka Xing Xing yang disajikan fresh setiap hari.

Hal lain yang tidak kalah penting ketika bepergian adalah pemilihan lokasi penginapan. Kamu tentu tidak mau menghabiskan banyak waktu di jalan saat akan menuju satu destinasi. Untuk first-time traveler atau Anda yang bepergian dengan keluarga, The Standar Hotel Singapore dapat menjadi pilihan sempurna karena lokasinya yang strategis memudahkan Anda menjangkau destinasi-destinasi wisata dan belanja favorit di Singapura, mulai dari UNESCO Botanic Garden yang berusia 150 tahun hingga kawasan belanja Orchard Road yang terkenal.

Dibuka untuk umum pada 28 November 2024, hotel delapan lantai ini berlokasi di Orange Grove Road dan menghadirkan 143 kamar dengan desain cermat di tiap kamar. Setiap kamar dilengkapi dengan jendela dari lantai ke langit-langit, memberikan tamu pemandangan kolam renang dan pepohonan hijau di sekitar area tersebut. Para tamu juga dapat bersantai di The Garden, sebuah ruang tenang yang membentang di lantai pertama dan kedua, yang terhubung langsung ke The Pool.

Jika Anda terlalu lelah untuk makan di luar setelah seharian menjelajahi kota, The Standard menawarkan berbagai pilihan bersantap tanpa perlu keluar hotel. Para tamu dapat menikmati hidangan yang terinspirasi dari masakan Jepang di Kaya, mencicipi makanan khas Amerika yang menggugah selera di Café Standard, atau sekadar menikmati makanan ringan dan minuman di Kaya Bar.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #liburan #singapura #yang #berkesan #wajib #nikmati #perjalanan #budaya #kuliner

KOMENTAR