5 Daftar Gunung Terindah di Jawa Tengah, Pendaki Pemula Pasti Cocok Latihan Mendaki di Sini
Ilustrasi, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM). (Jawapos)
16:14
6 Februari 2024

5 Daftar Gunung Terindah di Jawa Tengah, Pendaki Pemula Pasti Cocok Latihan Mendaki di Sini

 

 

Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi pendakian gunung sangat indah, kontur gunung di wilayah ini terbilang cocok bagi pendaki pemula yang ingin memulai petualangan pendakiannya.

Menawarkan panorama serta keindahan alamnya yang luar biasa, pegunungan di Jawa Tengah menjanjikan pengalaman tak terlupakan.

Dilansir dari Radar Semarang (JawaPos Grup), Selasa (6/2), terdapat lima gunung terindah di Jawa Tengah yang sangat cocok untuk pendaki pemula:

1. Gunung Prau

Gunung Prau, kita sudah tidak asing dengan gunung yang selalu jadi incaran pemula ini. Gunung Prau dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut menjadi salah satu destinasi pendakian terpopuler di Jawa Tengah.

Terletak di kawasan Dieng, Wonosobo, gunung ini menawarkan jalur pendakian yang relatif mudah sehingga cocok bagi pendaki pemula.

Puncak Gunung Prau menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, dengan langit berwarna-warni serta padang rumput hijau yang menakjubkan.

Keindahan Dataran Tinggi Dieng yang dilihat dari puncak Gunung Prau menjadikan pendakian ini layak untuk dinikmati para pecinta alam.

2. Gunung Sindoro

Diposisi kedua, Gunung Sindoro yang sedikt lebih tinggi dari Gunung Prau juga bisa dijadikan opsi latihan mendaki bagi pemula. Dekat dengan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro menawarkan pengalaman pendakian menarik dengan ketinggian 3.136 meter di atas permukaan laut.

Meski memiliki tantangan tersendiri, jalur pendakian Gunung Sindoro cenderung ramah bagi pendaki pemula.

Puncaknya yang luas memberikan pemandangan yang luar biasa, termasuk panorama pegunungan di sekitarnya dan awan yang menyelimuti lembah.

Mendaki Gunung Sindoro merupakan pengalaman memuaskan bagi pendaki atau wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam Jawa Tengah.

3. Gunung Andong

Gunung Andong memiliki tinggi yang lebih rendah dari Gunung Prau, gunung ini cocok bagi mereka yang merasa ragu untuk mendaki gunung yang tinggi.

Terletak di Kabupaten Magelang, Gunung Andong memiliki ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut.

Pendakian Gunung Andong bisa menjadi awal yang tepat bagi para pendaki pemula yang ingin merasakan pesona alam Magelang.

Akses jalur pendakian yang relatif mudah dan keindahan hutan tropis membuat perjalanan ini menyenangkan.

Dari puncaknya, kita bisa menikmati pemandangan Kota Magelang di kejauhan dan pegunungan lain yang menutupi cakrawala.

4. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki ketinggian yang lebih rendah dari Gunung Prau, Namun tidak lebih pendek dari Gunung Andong

Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang dan memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut dan menjadi destinasi favorit para pendaki pemula.

Meski jalur di Gunung Ungaran cukup menantang, namun gunung ini tetap cocok bagi pendaki pemula yang ingin menantang diri.

5. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah gunung Jawa Tengah yang paling tinggi dari kelima gunung yang dimuat dalam artikel kali ini.

Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut ini menawarkan beberapa jalur pendakian yang berbeda.

Bagi pendaki pemula, jalur Pos Cunthel di kawasan Salatiga menjadi pilihan ideal. Selain memberikan pengalaman pendakian yang menarik, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan di sepanjang perjalanan.

Dari puncaknya, kita bisa menyaksikan keindahan Salatiga dan sekitarnya, menciptakan momen tak terlupakan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #daftar #gunung #terindah #jawa #tengah #pendaki #pemula #pasti #cocok #latihan #mendaki #sini

KOMENTAR