Dari Jember ke Kawah Ijen Sekarang Bisa Pakai Damri! Simak Rute dan Tarifnya
Angkutan KSPN Jember-Bondowoso-Ijen menunggu jam berangkat dari Paltuding. (Sumber: (Radar Jember))
08:42
27 Januari 2024

Dari Jember ke Kawah Ijen Sekarang Bisa Pakai Damri! Simak Rute dan Tarifnya

 

 Memanfaatkan minat besar masyarakat Jember dan sekitarnya untuk berkunjung ke destinasi wisata Kawah Ijen, Angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) kembali membuka rute di Bondowoso untuk mempermudah aksesnya.

Dilansir Radar Jember (JawaPos Grup), pada Sabtu (27/1), angkutan yang bakal mengaspal menyambungkan Terminal Tawang Alun di Jember dengan Paltuding Ijen ini, telah kembali dibuka sejak Sabtu (13/1) lalu. Hal tersebut tentu menjadi berita baik juga bagi para pelaku pariwisata.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kluncing, Sumberwringin, Muhammad Fadli, menyatakan dirinya menyambut baik atas pembukaan kembali rute tersebut.

Menurutnya, hal tersebut dapat memudahkan perjalanan wisatawan yang hendak berwisata ke Ijen.

Selain memudahkan wisatawan, Fadli juga berharap hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku wisata.

“Harapannya juga pelaku usaha wisata sekitar Ijen dapat tersentuh di sektor perekonomiannya,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (24/1) lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bondowoso Agus Swardjito turut membenarkan adanya pembukaan kembali angkutan KSPN tersebut.

Menurut Agus, angkutan KPSN itu melayani rute pulang-pergi (PP) Jember-Paltuding Ijen.

Menggunakan jenis mobil Toyota Hiace, angkutan KPSN ini merogoh kocek sebesar Rp 27 ribu, dengan sistem tarif flat.

Disisi lain, Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Bondowoso Yuni Dwi Sri Handayani berharap agar kedepannya, rutenya juga dapat melewati Sekretariat Ijen Geopark.

“Karena wisatawan bisa mendapat informasi tentang Bondowoso atau Ijen Geopark secara utuh,” ungkap Yuni sembari menyebut bahwa pihaknya akan mencoba melakukan komunikasi kembali kepada pihak terkait tentang hal ini.

“Karena saya lihat kenapa di stasiun jadi menurunkan dan menaikkan penumpang, mungkin karena dekat dengan Terminal Bondowoso,” ungkapnya.

Yuni juga mengungkapkan, rute ini juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendukung pariwisata sekitar Ijen.

“Seperti Kopi Kluncing, Plalangan, dan beberapa objek wisata lainnya,” ungkap Yuni.

Saat ditanya kemungkinan penambahan rute dari Panarukan atau Situbondo, Yuni mengatakan, hal itu bisa saja terjadi, dan menurutnya itu akan lebih baik.

Sebab, wisatawan dari arah Surabaya nantinya bisa turun ke Situbondo dan lanjut ke Ijen via Bondowoso.

Merespon hal itu, Agus Swardjito mensyaratkan penambahan rute tentu harus dilakukan survei animo pengguna layanan angkutan KSPN Ijen terlebih dahulu. Tujuannya, agar tidak salah langkah dan diminati banyak warga.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dari #jember #kawah #ijen #sekarang #bisa #pakai #damri #simak #rute #tarifnya

KOMENTAR