Taman Nasional Gunung Halimun Salak Yang Indah dan Asri Ragam Flora dan Fauna  
Taman Nasional Gunung Halimun Salak. (Istimewa)
15:21
26 September 2024

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Yang Indah dan Asri Ragam Flora dan Fauna  

 

Taman Nasional Gunung Halimun Salak merupakan salah satu taman nasional yang berada di wilayah Jawa Barat. Wilayah dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak berada di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangannya yang indah, sejuk dan asri. Selain itu Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga dekat dengan wilayah Jabodetabek yang menjadikannya mudah untuk dijangkau.

Wisata alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga menyajikan keindahan flora dan fauna yang dapat dijumpai saat kita memasuki wilayah taman nasional ini. Beragam tumbuhan serta hewan yang hidup di wilayah ini memiliki pesona nya tersendiri.

 

Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki beberapa puncak seperti Gunung Halimun Utara, Gunung Halimun Selatan serta Gunung Salak yang memiliki dua puncak. Puncak-puncak gunung ini sering kali diselimuti oleh halimun atau kabut, yang juga akhirnya menjadi penamaan dari wilayah taman nasional ini.

Keanekaragaman hayati menjadi salah satu daya tarik utama dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Disini, terdapat tiga zona hutan yang dibagi berdasarkan vegetasi alam nya, seperti zona perbukitan yang terdapat hutan dataran rendah. Lalu, hutan pegunungan atas dan hutan pegunungan bawah.

Keanekaragaman flora yang hidup di taman nasional ini berkisar sebanyak 500 spesies tumbuhan. Namun, juga ada catatan yang menyatakan bahwa di taman nasional ini terdapat 844 spesies tumbuhan berbunga. Selain itu keanekaragaman tumbuhan anggrek disini terbilang sangat banyak, terdapat setidaknya 156 spesies anggrek yang hidup di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

 

Kehidupan fauna di wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga beraneka ragam. Wilayah hutan lindung di taman nasional ini menjadi rumah bagi aneka ragam hewan yang juga sebagian dari hewan ini bersifat dilindungi. Keanekaragaman fauna di taman nasional ini mulai dari aneka mamalia, burung, kodok, katak, ular, hingga keong.

Jenis satwa langka seperti harimau jawa, surili, lutung jawa, ajag atau juga owa jawa mendiami kawasan dari taman nasional ini. Spesies burung yang hidup dalam kawasan ini juga antara lain seperti elang jawa, burung celepuk jawa, juga burung gelatik jawa. Dengan total tercatat sekitar 244 spesies burung berada dalam kawasan ini, dan seringkali mengundang penelitian terhadap spesies burung di taman nasional ini

Selain itu, keanekaragaman fauna di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dilengkapi dengan spesies dari reptil dan amfibi yang hidup disini. Selain itu, juga terdapat spesies biawak dan juga kura-kura yang ada di kawasan taman nasional ini.  49 spesies dari keong darat juga ditemukan di wilayah taman nasional dimana angka tersebut terbilang cukup tinggi di suatu wilayah taman nasional yang ada di Jawa Barat.

 

Selain itu, Taman nasional ini menghadirkan beberapa tempat yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata seperti Kawah Ratu yang disediakan fasilitas outbond serta perkemahan jadi salah satu tujuan wisata yang berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Serta salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi adalah Sukamantri yang dapat dijadikan tempat perkemahan.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga menghadirkan banyak destinasi objek wisata Curug atau Air Terjun, beberapa curug yang terkenal antara lain seperti, Curug Ciampea, Curug Luhur, Curug Cigamea, atau bahkan Curug Seribu yang merupakan Curug tertinggi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #taman #nasional #gunung #halimun #salak #yang #indah #asri #ragam #flora #fauna

KOMENTAR