Destinasi Wisata Religi di Bogor, Bisa Jadi Alternatif untuk Berlibur
Masjid Raya Bogor, salah satu destinasi religi di wilayah Bogor. (Google Photo/Adam Muhammad Ali via rumah123.com)
16:56
25 September 2024

Destinasi Wisata Religi di Bogor, Bisa Jadi Alternatif untuk Berlibur

- Wilayah Bogor menyuguhkan banyak pilihan destinasi yang dapat dikunjungi. Berbagai jenis destinasi wisata dapat menjadi pilihan saat bertamasya bersama keluarga. Kota Bogor bisa menjadi jujukan wisata religi.

Ada banyak destinasi wisata religi di Bogor untuk sejumlah agama dan pengikutnya. Lokasinya sangat menarik untuk dijadikan sebagai jujukan. 

1. Masjid Raya Bogor

Masjid Raya Kota Bogor dikenal dengan nama Masjid Raya Al-Mi'raj. Masjid itu dibangun pada 1970 dan selesai pada 1979. Masjid Raya Al-Mi'raj atau Masjid Raya Bogor ini juga merupakan Masjid terbesar di Kota Bogor. Masjid itu berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.10, RT. 02/RW. 6, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur.

Mengutip laman resmi Masjid Raya Bogor mesjidrayakotabogor.or.id, selain bangunan Masjid, di dalam wilayah yang sama terdapat pusat pengembangan pusat kajian Islam dan perpustakaan di serambi masjid. Masjid Raya Bogor dapat dijadikan salah satu pilihan destinasi wisata religi di wilayah Bogor.

2. Patung Buddha Tidur Tajur Halang

Patung Buddha tidur merupakan salah satu destinasi wisata religi yang sangat menarik dikunjungi terkhususnya bagi umat Buddha. Biasanya Patung Buddha tidur seringkali ditemukan di Thailand. Namun, di Indonesia ada juga, tepatnya di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat Tajur Halang.

Mengutip ekabo.bogorkab.go.id, wihara itu dibangun pada 2010 dan tuntas pada 2012. Patung Buddha tersebut merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Patung Buddha ini menjadi salah satu destinasi yang masih ramai dikunjungi dan dapat menjadi pilihan untuk wisata religi di wilayah Bogor.

3. Gua Maria Fatima Baranangsiang

Gua Maria merupakan salah satu tempat ziarah bagi umat Katolik. Di tempat ini umat Katolik dapat berdoa. Di Indonesia terdapat banyak Gua Maria, salah satunya yakni Gua Maria Fatima di Baranangsiang, Kota Bogor.

Terletak di Jalan Raya Pajajaran No.6, RT.01/RW.03, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Gua Maria ini berada di komplek susteran gembala baik. Tempatnya yang berada di wilayah strategis membuat tempat ini dapat dengan mudah untuk dikunjungi.

4. Makam Keramat Syekh Umar Bogor

Walaupun Syekh Umar asal-usulnya masih belum banyak diketahui, namun makamnya dianggap keramat bagi beberapa orang dan dijadikan wisata religi. Terlebih karena Syekh Umar juga dikenal sebagai penyebar agama Islam di wilayah Banten.

Makam Keramat Syekh Umar merupakan sebuah tempat ziarah makam yang berada pada Kampung Cicantara, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Makam ini seringkali dikunjungi para peziarah yang datang dari berbagai tempat.

Bogor yang dikenal sebagai destinasi wisata yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta juga tidak kalah dalam menyuguhkan pemandangan indah, namun juga dilengkapi dengan hadirnya wisata religi yang dapat dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #destinasi #wisata #religi #bogor #bisa #jadi #alternatif #untuk #berlibur

KOMENTAR