Kebun Raya Bogor Tempat Healing Yang Murah Meriah dan Mudah Dijangkau
Pintu masuk Kebun Raya Bogor. (Dok. JawaPos.com)
10:35
25 September 2024

Kebun Raya Bogor Tempat Healing Yang Murah Meriah dan Mudah Dijangkau

Kota Bogor, Jawa Barat, dikenal sebagai kota hujan. Bogor sudah menjadi destinasi wisata andalan bagi masyarakat daerah Jakarta dan sekitarnya. Dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk, ketika berada di Bogor seakan membuat penat tubuh hilang. Situasi itu tidak heran membuat jalanan menuju Bogor selalu dipenuhi kendaraan di saat libur tiba. Agar tidak perlu bermacet-macetan, healing bisa ke Kebun Raya Bogor yang mudah diakses.

Apa Itu Kebun Raya Bogor?

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 13. Kebun Raya Bogor tidak hanya menjadi objek wisata alam, tetapi juga sebagai lokasi konservasi, edukasi, dan juga penelitian sumber daya alam.

Kebun Raya Bogor dibangun pada 1817 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara. Kini ikon kota Bogor. Mencakupi lahan seluas 87 hektare, Kebun Raya Bogor memiliki lebih dari 15.000 jenis tanaman. Di sini, pengunjung disuguhi pemandangan asri dan indah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Bahkan, pengunjung dapat menemukan Rafflesia Arnoldii, atau bunga bangkai, loh!

Untuk mengakses Kebun Raya Bogor dari daerah Jakarta dan sekitarnya, cukup menumpang KRL Commuter Line rute Bogor-Manggarai. Sesampai di Stasiun Bogor, pengunjung cukup berjalan kaki selama 13 menit dengan jarak 918 meter ke pintu 1 atau pintu 3 Kebun Raya Bogor.

Ragam Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Kebun Raya Bogor

Terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan dalam Kebun Raya Bogor, seperti:

Tour De Kebun Raya

Melalui Tour De Kebun Raya, pengunjung dapat berkeliling kebun raya sambil dipandu oleh Tour Guide. Tour De Kebun Raya dapat menambah pengetahuan mengenai tumbuhan dan juga sejarah Kebun Raya Bogor.

Mengutip situs kebunraya.id, pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebanyak Rp 35.000/orang (belum termasuk tiket masuk). Terdapat berbagai pilihan rute yang dapat kamu lewati, seperti Historical Site (Situs Bersejarah), Interesting Collection (Koleksi Menarik), dan juga Eco Tree (Pohon Eco).

Kelas Edukasi

Dalam kelas edukasi, pengunjung diajari untuk berkebun bersama dengan praktisi berpengalaman. Kelas edukasi ini menawarkan edukasi untuk berbagai jenis tanaman, seperti Araceae (talas), Kokedama, Anggrek, dan juga Terrarium.

Museum Zoologi dan Munasain

Di dalam Kebun Raya Bogor juga terdapat museum, yaitu Museum Zoologi. Museum ini menampilkan lebih dari 2 juta spesimen; dan Museum Munasain, yang memamerkan 2000 artefak sumber daya alam yang berada di Indonesia. Di Museum Zoologi, kamu juga dapat melihat kerangka mamalia terbesar di dunia, yaitu paus biru.

Sewa Fasilitas

Kelelahan menyusuri lahan kebun raya? Kebun Raya Bogor juga menyediakan berbagai moda transportasi yang dapat disewa, seperti sepeda, scooter, golf-car, dan juga shuttle bus. Jadi, pengunjung dapat lanjut mengelilingi kebun raya tanpa perlu kelelahan.

Kuliner Kebun Raya

Setelah mengelilingi kebun raya, biasa akan terasa lapar. Bagi yang butuh asupan makanan bisa mengeksplor kuliner di sekitar Kebun Raya Bogor. Mulai dari makanan berat hingga jajanan khas Bogor.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk memasuki objek wisata Kebun Raya Bogor ini, kamu memerlukan biaya Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per orang. Harga tiket itu berbeda ketika hari kerja dengan hari libur, baik libur akhir pekan maupun libur nasional.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kebun #raya #bogor #tempat #healing #yang #murah #meriah #mudah #dijangkau

KOMENTAR