Sudah Ada Enam Hotel yang Dibangun di IKN, Apa Saja?
Progres proyek Hotel Nusantara besutan konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (20/12/2023).(Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden.)
11:27
18 Januari 2024

Sudah Ada Enam Hotel yang Dibangun di IKN, Apa Saja?

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa sudah ada enam hotel yang kini sedang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikannya saat melaksanakan groundbreaking (peletakan batu pertama) Jambuluwuk Nusantara Hotel pada Rabu (17/01/2024).

"Hotel Jambuluwuk dan Resort ini adalah yang keenam, ini sudah (hotel) yang keenam," ujar Jokowi dikutip dari tayangan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dengan demikian, hotel besutan Jambuluwuk Ini akan menambah jumlah hotel yang beroperasi di IKN dan menambah ketersediaan kamar hotel.

"Sehingga tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak kesulitan mendapatkan akomodasi," tukasnya.

Lantas, hotel apa saja yang sedang dibangun di IKN?

1. Hotel Nusantara

Hotel Nusantara merupakan bagian dari proyek kawasan terpadu besutan Konsorsium Nusantara yang dipimpin Agung Sedayu Group (ASG), dan telah dilakukan groundbreaking pada 21 September 2023.

Dengan nilai investasi Rp 20 triliun, Konsorsium Nusantara akan membangun kawasan terpadu yang mencakup hotel, mal, apartemen, hingga perkantoran.

Khusus mengenai Hotel Nusantara, akan dibangun dengan luas 20.164 meter persegi dan tinggi bangunan mencapai 43,10 meter.

Hotel bintang lima ini memiliki sembilan lantai dengan enam tipe kamar yang totalnya berjumlah 191 unit.

Masing-masing tipe kamarnya adalah premier twin sebanyak 61 unit, premier king 102 unit, junior suite 14 unit, executive suite 12 unit, disable room 1 unit, dan president suite 1 unit.

2. Hotel Vasanta

Hotel Vasanta merupakan proyek hotel bintang lima yang dikembangkan oleh PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group).

Proyek yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar ini telah dilaksanakan groundbreaking pada 23 September 2023.

Namun nilai investasi yang digelontorkan Vasanta Group untuk pembangunan Hotel Vasanta di IKN belum diketahui.

3. Four Points Hotel by Sheraton

Four Points Hotel by Sheraton merupakan bagian dari proyek Superblok Pakuwon Nusantara tahap pertama.

Proyek superblok yang berdiri di atas lahan 7,2 hektar ini dikembangkan PT Pakuwon Jati Tbk melalui anak perusahaannya yaitu PT Pakuwon Nusantara Abadi.

Dengan total nilai investasi Rp 5 triliun, Superblok Pakuwon Nusantara terdiri dari pusat perbelanjaan, 2 apartemen, serta 3 hotel berbintang yang pengelolaannya berduet dengan Marriott International.

Pada 10 November 2023, telah dilaksanakan groundbreaking proyek Pakuwon Nusantara tahap pertama. Yakni, Four Points Hotel by Sheraton dengan kamar 300 unit, dan pusat perbelanjaan.

Kemudian untuk tahap kedua, berlanjut pembangunan hotel Tribute Portfolio by Marriott International sebanyak 260 kamar dan 2 tower kondominium sebanyak 162 unit.

Tahap terakhir yakni pembangunan Westin Hotel dengan 234 kamar, serta serviced apartment berjumlah 108 unit.

4. Nusantara Superblock

Nusantara Superblock merupakan proyek investasi PT Wulandari Bangun Laksana Tbk yang telah dilaksanakan groundbreaking pada 20 Desember 2023.

Dengan nilai investasi Rp 3 triliun, proyek Nusantara Superblock terdiri dari mal seluas 40.000 meter persegi, hotel bintang lima dengan 215 kamar, hotel bintang empat dengan 200 kamar, 8 tower apartemen, 2 tower gedung perkantoran, sekolah internasional, dan tempat hiburan.

5. Hotel BSH Qubika

Hotel BSH Qubika merupakan bagian dari proyek BSH Community Hub tahap pertama.

BSH Community HUB ialah kawasan mixed-use community lifestyle garapan PT Karya BSH Mandiri yang telah menjalani groundbreaking pada 21 Desember 2023.

Dengan total nilai investasi Rp 370 miliar, proyek BSH Community Hub terdiri dari hotel bintang tiga, apartemen, gedung pertemuan, serta restoran.

Berdiri di atas lahan sekitar 1,7 hektar, pembangunan BSH Community Hub terbagi menjadi dua tahapan.

Tahap pertama, Hotel BSH Qubika dengan nilai investasi Rp 100 miliar dan gedung pertemuan senilai Rp 30 miliar, serta Restoran Kampung Kecil senilai Rp 10 miliar.

Kemudian untuk pembangunan tahap kedua meliputi apartemen dengan nilai investasi sebesar Rp 200 miliar, dan food court senilai Rp 30 miliar.

6. Jambuluwuk Nusantara Hotel

Hotel bintang lima ini merupakan proyek investasi PT ARCS House Wisata Indonesia atau biasa disebut Jambuluwuk.

Dibangun dengan nilai investasi kurang lebih Rp 300 miliar, hotel dan resor ini akan memiliki kurang lebih 200 kamar.

Jambuluwuk Nusantara Hotel dikembangkan dengan mengusung konsep modern dan suasana etnis Indonesia.

Tag:  #sudah #enam #hotel #yang #dibangun #saja

KOMENTAR