Sejauhmana Kesiapan Infrastruktur Dasar Ibu Kota Nusantara?
Jokowi memasang sekrup bilah burung garuda secara perdana di Kantor Presiden IKN, Jumat (22/9/2023).(Dok. Kementerian PUPR)
19:09
14 Januari 2024

Sejauhmana Kesiapan Infrastruktur Dasar Ibu Kota Nusantara?

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satugas Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah membangun infrastruktur dasar IKN.

Hal ini menyusul target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan ibu kota Indonesia dari Kota Jakarta ke IKN secara bertahap, mulai paruh kedua tahun 2024.

Ketua Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menjelaskan, progres pembangunan infrastruktur dasar IKN tahap pertama telah mencapai 70 persen.

Infrastruktur dasar yang dibangun pada tahap pertama ini, mencakup tiga ruas Tol Akses IKN tahap satu, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, Kantor Presiden, dan Lapangan Upacara.

"Batch satu 70 persen," ujar Danis kepada Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

Kemudian untuk progres pembangunan infrastruktur dasar IKN tahap kedua telah mencapai lebih dari 20 persen.

Infrastruktur dasar yang dibangun pada tahap kedua ini, seperti Gedung Kementerian Koordinator dan Rumah Susun (Rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) IKN.

Adapun infrastruktur dasar tahap kedua merupakan proyek dengan kontrak yang ditandatangani pada April-Mei 2023.

"Batch dua sekitar 20 persen lebih," imbuh Danis.

Sementara ditargetkan, Upacara Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang bisa dilaksanakan di Lapangan Upacara IKN.

Editor: Aisyah Sekar Ayu Maharani

Tag:  #sejauhmana #kesiapan #infrastruktur #dasar #kota #nusantara

KOMENTAR