[POPULER PROPERTI] Rumah Murah di Gresik, Ruas JTTS yang Dioperasikan Tahun Ini, dan Lahan Relokasi untuk Warga Terdampak Proyek  IKN
Ilustrasi rumah yang dibiayai oleh BP Tapera.(Dok. BP Tapera)
07:54
14 Januari 2024

[POPULER PROPERTI] Rumah Murah di Gresik, Ruas JTTS yang Dioperasikan Tahun Ini, dan Lahan Relokasi untuk Warga Terdampak Proyek IKN

- Rumah murah di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, bisa menjadi alternatif pilihan hunian yang letaknya tak jauh dari Kota Surabaya.

Pasalnya, sukar menemukan unit rumah subsidi di Surabaya yang terdaftar di laman resmi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang).

Sementara di Gresik, banyak perumahan bersubsidi yang tersedia dan terdaftar di Sikumbang. Lagipula, Gresik merupakan daerah yang sedang berkembang.

Banyak pabrik-pabrik dan juga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik atau Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE).

Selain itu, kawasan ini juga dilintasi sejumlah ruas jalan tol, seperti Tol Surabaya-Gresik, Surabaya-Mojokerto, hingga Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

Dirangkum dari laman Sikumbang pada Sabtu (13/01/2024), berikut beberapa pilihan rumah subsidi di Gresik berdasarkan jumlah unit tersedia paling banyak 

Kementerian PUPR mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Lampung hingga Aceh, termasuk sirip atau feedernya.

Dengan semakin bertambahnya ruas JTTS yang beroperasi, diharapkan bisa mendukung kelancaran mobilitas masyarakat di pulau Sumatera.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, JTTS memiliki total panjang 2.749 km dengan panjang koridor utama 1.889 km dan koridor pendukung (sirip) 860 km.

Sejauh ini, sudah ada enam ruas jalan tol beroperasi dengan total panjang 596 km, dan tujuh ruas jalan tol sepanjang 361 km sedang dalam konstruksi.

"Sisanya, terdapat empat ruas sepanjang 582 km memasuki Rencana Tahap II, lima ruas sepanjang 657 km memasuki Rencana Tahap III, dan enam ruas sepanjang 553 km memasuki Rencana Tahap IV," jelas Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, pada Kamis (11/01/2024).

Baca informasi lengkapnya di sini

Warga terdampak proyek pembangunan prasarana pendukung Bandara Very Very Important Person (VVIP) dan jalan tol akses ibu kota nusantara (IKN) disiapkan lahan relokasi seluas 400 hektar.

Hal ini menyusul sosialisasi reforma agraria yang digelar Badan Bank Tanah (BBT), di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, pada 10-11 Januari 2024.

Adapun wilayah yang terdampak dari pembangunan Bandara VVIP IKN dan jalan tol tersebut yakni Kelurahan Maridan, Gersik, dan Pantai Lango.

Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja memastikan sejak awal berkomitmen mendukung penuh pembangunan Bandara VVIP dan jalan tol akses IKN.

"Namun demikian, kami juga memikirkan masyarakat yang terdampak. Oleh karena itu kami siapkan lahan relokasi untuk mereka,” kata Parman, Jumat (12/1/2024).

Baca informasi lengkapnya di sini

Editor: Aisyah Sekar Ayu Maharani

Tag:  #populer #properti #rumah #murah #gresik #ruas #jtts #yang #dioperasikan #tahun #lahan #relokasi #untuk #warga #terdampak #proyek

KOMENTAR