Cara Cek Nomor KTP, Waspada Data Dipakai Calon Gubernur DKI!
Ilustrasi KTP - Cara Mengurus KTP yang Hilang Terbaru (Unsplash)
12:08
17 Agustus 2024

Cara Cek Nomor KTP, Waspada Data Dipakai Calon Gubernur DKI!

Netizen dibuat geger dengan data pribadi yang dipakai oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana. Waspada tindakan seperti ini, begini cara cek nomor KTP.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana diduga menyatut sejumlah NIK KTP untuk bisa maju dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 melalui jalur independen.

Kemunculan pasangan ini membuat netizen curiga sehingga melakukan pemeriksaan pada NIK masing-masing. Alhasil, sejumlah netizen mengaku NIK miliknya telah dicatut untuk mendukung pasangan gubernur dan wakil gubernur tersebut.

Salah satu data NIK yang digunakan untuk pasangan ini adalah dua anak mantan gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hal ini diungkap olehnya melalui laman X miliknya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tak Akan Lawan Kotak Kosong, Pasangan Dharma-Kun Resmi Maju Pilkada Jalur Independen

"Alhamdulillah KTP saya aman, tapi KTP dua anak, adik juga sebagian tim yang bekerja bersama ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen" tulis Anies Baswedan.

Aksi pencatutan NIK untuk mendukung calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta jalur independen ini membuat resah netizen. Menangani hal ini, berikut cara cek nomor KTP yang bisa kamu coba.

Cara cek nomor KTP

  1. Masuk ke laman resmi KPU di link https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilihan/cek_pendukung 
  2. Isi nomor KTP atau NIK di kolom yang tersedia
  3. Verifikasi captcha yang diminta
  4. Klik 'Cari'
  5. Informasi mengenai data penggunaan NIK akan muncul

Tudingan mengenai penggunaan NIK untuk calon independen Pilgub DKI Jakarta 2024 ini masih menjadi perbincangan hangat di X. Terhindar dari hal-hal ini, itu tadi cara cek nomor KTP yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Sesumbar Ogah Lawan Kotak Kosong, Ridwan Kamil Dipastikan Lawan Paslon Ini di Pilkada Jakarta

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #nomor #waspada #data #dipakai #calon #gubernur

KOMENTAR