Cara Ubah HP Samsung Jadi Kompas hingga Penggaris, Langkahnya Mudah
Ilustrasi HP Samsung Galaxy A55 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]
10:24
12 Agustus 2024

Cara Ubah HP Samsung Jadi Kompas hingga Penggaris, Langkahnya Mudah

Samsung mempunyai sejumlah fitur menarik pada deretan HP barunya. Berikut terdapat penjelasan terkait cara mengubah HP Samsung menjadi kompas hingga penggaris.

Sebagai informasi, Samsung sudah membenamkan deretan fitur AI atau kecerdasan buatan ke sejumlah smartphone midrange. Ini berarti fitur AI sekarang tak eksklusif untuk HP flagship saja.

Selain AI, Samsung juga menyertakan fitur inovatif pada bagian menu Display. Fitur ini memungkinkan HP Samsung untuk menjadi kompas hingga penggaris dadakan.

Tidak hanya kompas, tapi smartphone-mu dapat menyediakan beberapa tools lainnya lewat menu Edge Panel. Berikut cara mengaktifkannya:

Baca Juga: Ini Deretan Fitur pada Samsung Tizen OS, Dukung AI di Smart TV

  • Buka Settings, pilih Display
  • Scroll layar dan temukan Edge panels. Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan Edge panels terlebih dahulu
  • Lalu tap pad Edge panels. Setelah itu tap pada Panels
  • Geser layar ke kanan dan temukan Tools. Centang pada pada lingkaran di atas Tools
  • Tarik layar Edge panel dan akan muncul Compass > pilih Compass
Cara mengubah HP Samsung menjadi kompas dan penggaris. (Samsung)Cara mengubah HP Samsung menjadi kompas dan penggaris. (Samsung)

Untuk mengakses tools lain, tap pada ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas. Tersedia pilihan Tally counter, Flashlight, Surface level, dan Ruler.

Apabila ingin mengubah HP Samsung jadi penggaris, maka cara mudahnya adalah pergi ke menu Settings > Display > Panels > Tool > Ruler. Fitur tersebut sudah tersemat ke sebagian besar HP Samsung termasuk perangkat terbaru, Galaxy A55.

Terkait jeroan, HP Samsung Galaxy A55 5G mengandalkan chipset Exynos 1480 yang dipasangkan dengan opsi RAM 8 GB atau 12 GB. Samsung Galaxy A55 juga mempunyai fitur pintasan untuk mengakses aplikasi lebih mudah.

Jika pengguna menekan tombol power di sisi kanan sebanyak 2 kali, maka aplikasi kamera akan secara otomatis terbuka. Namun, Anda bisa mengubah fungsi tersebut untuk membuka aplikasi lainnya yang diinginkan. Berikut cara mengaktifkan aplikasi lewat Double Press:

  • Buka Settings, dan pilih Advanced Features
  • Pilih Side Button dan klik Open App pada menu Double Press
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu buka secara otomatis

Baca Juga: Bukan Sekadar Masuk Angin, Begini Cara Mengobati Angin Duduk Menurut Medis

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #cara #ubah #samsung #jadi #kompas #hingga #penggaris #langkahnya #mudah

KOMENTAR