Panduan Lengkap: Cara Mudah Melaporkan Bug di Xiaomi HyperOS
Ilustrasi HyperOS. [Suara.com/Dicky Prastya]
14:48
6 Agustus 2024

Panduan Lengkap: Cara Mudah Melaporkan Bug di Xiaomi HyperOS

Sama seperti sistem perangkat lunak lainnya, Xiaomi HyperOS tak luput dari bug dan masalah. Jika pengguna menemukan bug pada HP Xiaomi, pengguna dapat melaporkannya kepada perusahaan dengan mudah.

Namun sebelum mengetahui cara melaporkan bug di Xiaomi HyperOS, pastikan perangkat dalam konfigurasi standar, seperti menggunakan tema dan font default, perangkat tidak memiliki akses root atau modul pengubah sistem, dan pengguna harus mengaktifkan Optimizations dari Developer Options.

Berikut ini langkah-langkah untuk melaporkan bug dan masalah di Xiaomi menggunakan aplikasi Feedback:

1. Buka aplikasi Feedback

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Ultra, Buktikan Kemampuan Kamera dan Tahan Air di Olimpiade Paris

Pengguna dapat membuka Feedback melalui dua cara, yaitu Pengaturan dan App Drawer.

Dari Pengaturan, buka aplikasi Pengaturan seperti biasa dan pilih opsi Feedback. Jika dari App Drawer, buka App Drawer dan klik Feedback.

2. Isi informasi yang diperlukan

Untuk membantu pengembang memahami dan mereproduksi masalah tersebut, pengguna perlu memberikan detail komprehensif tentang masalah tersebut seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Deskripsi: Mulailah dengan {HyperOS Global}, dan jelaskan masalah pengguna secara singkat namun jelas, dengan memberikan informasi tentang pesan dan tindakan khusus apa pun yang diharapkan.
  • Nama Perangkat: Masukkan nama perangkat Xiaomi yang pengguna gunakan.
  • Versi Xiaomi HyperOS: Periksa versi HyperOS di bagian About Phone pada pengaturan.
  • ROM: Tentukan ROM menggunakan (MI, EU, RU, IN, ID).

Setelah itu, jelaskan langkah spesifik apa pun yang harus diambil untuk mereproduksi masalah tersebut. Hal ini memungkinkan pengembang untuk melihat bug. Pengguna juga dapat melampirkan tangkapan layar atau rekaman layar.

Baca Juga: HP Canggih Realme: Kamera Jernih, Baterai Awet, dan Charger Super Cepat!

Xiaomi HyperOS. [Xiaomi]Xiaomi HyperOS. [Xiaomi]

3. Pilih kategori bug

Pilih kategori yang paling menggambarkan lokasi pengguna menemukan bug. Ini membantu mengarahkan masukan ke tim pengembangan yang tepat.

4. Tambahkan Log dan detail kontak

Pastikan untuk mencetang opsi Add Logs. Ini akan melampirkan log sistem yang lengkap dan terperinci ke laporan.

Selain itu, berikan nomor telepon dan alamat email pengguna. Ini akan membantu tim dukungan untuk menghubungi pengguna jika diperlukan informasi lebih lanjut.

Setelah dilaporkan, pengguna dapat melacak status laporan tersebut. Untuk melakukannya, pengguna dapat membuka aplikasi Feedback, kemudian ketuk tiga titik di sisi kanan atas, dan pilih Check Feedback History.

Tidak semua masukan akan menerima balasan pribadi, meskipun pengembang melihat semua laporan yang dikirimkan. Periksa secara berkala apakah ada respons terhadap permintaan perubahan atau masukan lainnya.

Pelaporan bug di Xiaomi HyperOS merupakan salah satu cara mendasar komunitas berkontribusi terhadap peningkatan pengalaman pengguna.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #panduan #lengkap #cara #mudah #melaporkan #xiaomi #hyperos

KOMENTAR