Arti Kroco Istilah untuk Gamers yang Viral di TikTok, Apa Itu?
Ilustrasi Game PC (Pexels/RDNE_Stock_project)
15:40
19 Januari 2024

Arti Kroco Istilah untuk Gamers yang Viral di TikTok, Apa Itu?

Media sosial Tiktok sedang dihebohkan dengan beberapa tren yang mulai bermunculan sejak awal tahun 2024 ini. Tren tren seperti fashion, lifestyle, hingga permainan yang kini digandrungi para anak muda bahkan lintas generasi pun sedang ramai dibicarakan. Salah satu game online yang kini masuk dalam jajaran top favorit para gamers adalah Free Fire (FF).

Para gamers mulai dari anak anak hingga pro player pun mulai aktif mengunggah video video selama permainan mereka di media sosial Tiktok. Para gamers ini pun biasanya punya julukan atau istilah sendiri untuk menyebut pemain lain di games ini. Namun baru-baru ini, muncul julukan baru dengan nama "kroco" yang ramai disebut-sebut di Tiktok.

Pengguna Tiktok lain pun ikut penasaran apa maksud kata "kroco" yang ramai disebut para gamers FF di Tiktok. Lalu, apa sebenarnya arti kroco tersebut? Simak inialh penjelasannya.

Games Free Fire sendiri merupakan salah satu games yang mendewakan rank atau tingkatan. Biasanya, para pro player FF sudah memiliki pangkat tinggi seperti Master atau Grandmaster. Untuk mendapatkan rank tingkatan atas ini, para pro player harus melewati banyak cara, termasuk dengan cara push rank bersama rekan tim FF lainnya.

Tak tanggung-tanggung, banyak gamers FF ini yang rela menghabiskan banyak uang dan waktu demi mendapatkan rank tertinggi di games buatan Garena Developer ini.

Para pro player ini juga biasanya didambakan para pemain pemula lainnya, termasuk pemain yang disebut "kroco". Arti kroco di dalam games FF ini ternyata menggambarkan seseorang yang belum pandai dalam memainkan perannya selama games berlangsung. Dalam kata lain, "kroco" adalah pemain pemula yang hanya membebankan tim lainnya sehingga tak jarang para "kroco" ini membuat timnya kesal.

Tak jarang, para gamers yang menjadi satu tim dari Kroco ini terpaksa harus membantu si Kroco agar mereka tidak kalah dalam permainan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, kroco berarti siput kecil. Namun juga merujuk dalam makna kiasannya, kroco adalah sebutan untuk orang hina atau dikerdilkan. Hal ini biasanya dikarenakan seseorang tersebut tidak begitu ahli di bidangnya sehingga membutuhkan bantuan orang lain secara terus menerus.

Kroco pun juga sering dimaknai sebagai seorang bawahan. Maka dari itu, para gamers FF ini pun mengadaptasi sebutan kroco ini untuk menyebut para pemain pemula yang kadang meresahkan timnya karena tak ahli dalam bermain.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Dany Garjito

Tag:  #arti #kroco #istilah #untuk #gamers #yang #viral #tiktok

KOMENTAR