Snapdragon 4s Gen 2 Resmi Rilis, Jadi Chipset HP 5G Murah Sejutaan
Snapdragon 4s Gen 2. (Qualcomm)
19:40
31 Juli 2024

Snapdragon 4s Gen 2 Resmi Rilis, Jadi Chipset HP 5G Murah Sejutaan

Qualcomm resmi mengenalkan chipset anyar mereka pada akhir Juli 2024. Dapur pacu dengan nama komersial sebagai Snapdragon 4s Gen 2, bakal menjadi otak dari HP 5G murah.

Menurut laporan NDTV, Snapdragon 4s Gen 2 ditujukan untuk ponsel seharga 99 dolar AS atau Rp 1,6 juta. Itu adalah harga yang direkomendasikan sehingga produsen mungkin dapat membanderolnya lebih mahal.

Mereka merilis chipset entry-level tersebut agar HP 5G dapat terjangkau ke semua kalangan. Xiaomi mengonfirmasi bahwa mereka akan menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan ponsel dengan Snapdragon 4s Gen 2.

Chipset dibangun pada arsitektur 64-bit yang menampilkan CPU Qualcomm Kryo dengan delapan core. Dua core performa dan dua core efisiensi. Dua core performa memiliki kecepatan clock puncak 2,0 GHz sementara enam core efisiensi dibatasi pada 1,8 GHz.

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP 5G Vivo Terbaik Juli 2024, Performa Handal dan Memori Besar

GPU Adreno bawaan menawarkan dukungan untuk OpenGL ES 3.2, Vulkan 1.1 dan OpenCL 2.0 API. SoC dibuat dengan sistem fabrikasi 4 nanometer.

Snapdragon 4s Gen 2. (Qualcomm)Snapdragon 4s Gen 2. (Qualcomm)

"Snapdragon 4s Gen 2 Mobile Platform merupakan inovasi terkini yang menjadikan teknologi 5G lebih mudah diakses, sehingga lebih banyak orang dapat menjelajahi dunia dengan kecepatan jaringan seluler generasi kelima ini. Berkat teknologi mutakhir, kami berhasil menyeimbangkan antara kualitas dan harga yang terjangkau, menawarkan kinerja maksimal dengan masa pakai baterai sepanjang hari, AI terintegrasi, serta akses luas ke jaringan 5G untuk pengalaman seluler yang lebih baik," kata Chris Patrick, Senior Vice President & General Manager Mobile Handsets, Qualcomm Technologies melalui keterangan resminya.

Qualcomm mengatakan perangkat yang menjalankan chipset ini dapat menampilkan RAM LPDDR4x dengan clock hingga 2133 MHz dan penyimpanan internal hingga UFS 3.1.

Selain itu, Spectra Image Signal Processor (ISP) 12-bit akan mendukung sensor kamera tunggal hingga 84 megapiksel, dengan opsi untuk fitur seperti stabilisasi gambar elektronik (EIS) dan Multi Frame Noise Reduction (MFNR).

Anuj Sharma selaku Chief Marketing Officer Xiaomi India mengungkap bahwa pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk memungkinkan akses konektivitas berkecepatan gigabit bagi pengguna di wilayah-wilayah tertentu.

Baca Juga: Samsung Galaxy M55s Siap Rilis, Chipset Qualcomm Jadi Andalan?

Banyak orang belum merasakan manfaat 5G. Berkat Snapdragon 4s Gen 2, Xiaomi dapat menghadirkan konektivitas mutakhir ini ke lebih banyak orang seraya mendefinisikan ulang bagaimana dunia terhubung dan berinteraksi," kata Anuj Sharma. Tak menutup kemungkinan bila HP Xiaomi dengan Snapdragon 4s Gen 2 juga dapat masuk ke Indonesia.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #snapdragon #resmi #rilis #jadi #chipset #murah #sejutaan

KOMENTAR