Perusahaan Jepang Buat Drone Canggih, Bisa Berlayar dan Lepas Landas di Air
Drone canggih POV-DA bisa lepas landas di air. (Penta Ocean)
17:16
26 Juli 2024

Perusahaan Jepang Buat Drone Canggih, Bisa Berlayar dan Lepas Landas di Air

Dua perusahaan asal Jepang resmi berkolaborasi dalam mengembangkan drone berteknologi canggih. Drone yang bernama "Penta-Ocean Vanguard-DroneAqua" atau POV-DA ini mempunyai kemampuan untuk menjelajahi perairan.

POV-DA diklaim mampu lepas landas, mendarat, dan bahkan berlayar di atas air. Drone survei oseanografi inovatif ini merupakan hasil kerja sama antara Penta Ocean Construction dan Prodrone.

Perangkat dapat melakukan misi operasi perairan dengan sistem satelit GNSS presisi tinggi, sonar pengukur kedalaman, dan pendorong. POV-DA bisa mengirimkan serta menampilkan data waktu nyata mengenai lokasi terkini dan kedalaman air kepada operator di darat melalui konsol kendali jarak jauh.

Perusahaan mengklaim, POV-DA mampu menavigasi ke titik pemantauan tertentu menggunakan pendorongnya, mempertahankan posisi meskipun ada gelombang besar.

Baca Juga: Malaysia Punya Jalan Glow In The Dark, Indonesia Kapan?

Kemampuan ini memungkinkan survei batimetri dan pengamatan gelombang yang efisien serta otomatis. Dikutip dari DroneLife, kolaborasi perusahaan Jepang tersebut bertujuan untuk memangkas waktu yang dibutuhkan terkait survei kedalaman.

Drone canggih POV-DA bisa lepas landas di air. (Penta Ocean)Drone canggih POV-DA bisa lepas landas di air. (Penta Ocean)

Dalam proyek konstruksi yang melibatkan pemecah gelombang, dinding dermaga, dan bangunan serupa, pengukuran kedalaman secara tradisional dilakukan menggunakan perahu khusus atau metode pengukuran kedalaman.

Dengan POV-DA, waktu pengukuran kedalaman diklaim berkurang secara signifikan. Tim mengonfirmasi bahwa akurasi survei kedalaman POV-DA berada dalam kisaran +/-10 cm dari metode tradisional, sehingga cocok untuk manajemen konstruksi praktis.

Selain meningkatkan efisiensi manajemen konstruksi dan penilaian kelayakan, POV-DA dapat mengambil gambar udara untuk dukungan darurat selama bencana, memberikan informasi terkini tentang kerusakan di darat dan di bawah air.

Peningkatan POV-DA di masa mendatang dapat mencakup peralatan tambahan seperti pengukur kualitas air multiparameter dan perangkat pengambilan sampel air, yang memperluas aplikasinya untuk pelestarian lingkungan pesisir dan pengamatan laut yang komprehensif dalam proyek konstruksi.

Baca Juga: BMW dan DeepDrive Membuka Jalan Menuju Masa Depan Mobil Listrik yang Revolusioner

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #perusahaan #jepang #buat #drone #canggih #bisa #berlayar #lepas #landas

KOMENTAR