Trending di X Usai Diberikan ke Shin Tae-yong, Apa Itu Golden Visa?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan golden visa kepada WNA termasuk Shin Tae-yong. (Suara.com/Lilis Varwati)
18:48
25 Juli 2024

Trending di X Usai Diberikan ke Shin Tae-yong, Apa Itu Golden Visa?

Pemerintah Indonesia resmi memperkenalkan fasilitas mewah dari negara yang disebut sebagai golden visa. Merajai kolom trending di X usai diberikan secara khusus kepada Shin Tae-yong, apa itu golden visa?

Laman Trending di X memperlihatkan kata kunci 'golden visa' berada di urutan ke-13 dengan total cuitan mencapai 6 ribuan. Perbincangan mengenai hal ini ramai dilakukan usai fasilitas mewah golden visa resmi diperkenalkan.

Dalam event khusus perilisannya, pemerintah Indonesia memberikan fasilitas golden visa untuk Shin Tae-yong selaku warga negara asing pertama yang lolos syarat untuk menggunakan fasilitas mewah ini.

Golden visa adalah fasilitas mewah yang diberikan pemerintah kepada WNA yang tinggal di Indonesia. Masa berlaku golden visa ini cukup lama yaitu 5 hingga 10 tahun ke depan. Untuk bisa merasakan fasilitas ini, WNA harus memenuhi beberapa syarat penting.

Baca Juga: Shin Tae-yong Dikasih 'Hadiah' Jokowi, Janji Lakukan Hal Terbesar Ini untuk Timnas Indonesia

Aturan mengenai golden visa sudah tertuli dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2023 mengenai Visa dan Izin Tinggal. Golden visa ini bisa dimiliki oleh WNA sebagai investor yang bermaksud atau tidak bermaksud mendirikan perusahaan.

Selain itu, fasilitas mewah ini juga diberikan untuk WNA yang memiliki status sebagai anggota direksi atau dewan komisaris. Tidak hanya itu, orang asing dari perusahaan induk juga bisa menikmati golden visa.

Keuntungan mendapatkan akses golden visa antara lain untuk keperluan imigrasi yang mudah dan cepat, jangka waktu tinggi mencapai 5 hingga 10 tahun, hak memiliki aset di Indonesia hingga pengajuan kewarganegaraan nantinya.

Shin Tae-yong menjadi WNA pertama yang mendapat keistimewaan untuk merasakan fasilitas mewah golden visa. Dirinya dianggap memberikan kontribusi besar sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak 2020 lalu.

Terkait fasilitas mewah golden visa yang diberikan untuk Shin Tae-yong ini, netizen memberi reaksi beragam hingga kata kunci tersebut sukses merajai kolom trending di X.

Baca Juga: Shin Tae-yong Bangga Bisa Dapat Golden Visa dari Jokowi, Janji Lebih Kerja Keras Buat Timnas

"Coach Shin Tae-yong dapat golden visa Indonesia guys, ayo tembus Piala Dunia 2026" tulis netizen.

"Wih Shin Tae-yong dapat golden visa pertama, langsung dari tangan Jokowi abis launching" ungkap netizen lainnya.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #trending #usai #diberikan #shin #yong #golden #visa

KOMENTAR