Cek Nomor Greater Jakarta yang Sering Telepon, Apakah Penipuan Modus Baru?
Ilustrasi telepon, cek nomor Greater Jakarta (freepik)
09:56
25 Juli 2024

Cek Nomor Greater Jakarta yang Sering Telepon, Apakah Penipuan Modus Baru?

Bagaimana cara cek nomor Greater Jakarta yang sebenarnya? Kamu mungkin pernah mendapatkan panggilan dari nomor tak dikenal dengan ID kontak bertuliskan Greater Jakarta. Kamu pantas curiga jika yang melakukan panggilan tersebut adalah penipu.

Akan tetapi tak semua panggilan dengan ID tersebut mencurigakan. Bisa saja memang nomor Greater Jakarta yang menghubungi kalian berasaldari customer sevicer atau marketing yang menawarkan produk. Makanya kita perlu tahu langkah cek nomor Greater Jakarta itu.

Banyak yang ragu menerima nomor bertuliskan Greater Jakarta. Sebab panggilan tak dikenal akan terasa mengganggu, terutama di jam kerja. Agar kamu tidak ragu lagi, sebaiknya ketahui fakta sebenarnya maksud dan tujan dari nomor Greater Jakarta tersebut.

Greater Jakarta Adalah...

Sebutan kontan ID Greater Jakarta merujuk pada wilayah di sebagian provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Hal itu disebutkan dalam buku berjudul The Greater Jakarta Area Commuters Travelling Pattern oleh Tri Tjahjono, dkk. Wilayah tersebut merupakan wilayah metropolitan yang sangat strategis.

Baca Juga: Cegah Penipuan Saat Beli Mobil Bekas, Begini Tips Ampuhnya

Kawasan Greater Jakarta dikenal dengan istilah umum Jabodetabek, yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Masyarakat Jabodetabek dikenal sebagai masyarakat urban dengan mobilitas tinggi.

Mereka aktif dalam dunia telekomunikasi seluler, nirkabel, dan sosial media. Oleh karenanya panggilan Greater Jakarta tidak akan menjadi asing bagi masyarakat sekitar daerah tersebut.

Greater Jakarta memiliki nomor telepon dengan kode area berawalan +6221 atau 021. Jika mendapatkan panggilan dengan kode ID Greater Jakarta berarti orang yang menelpon berada di dan menggunakan nomor telepon dari kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Cara Cek Nomor Greater Jakarta

Cek nomor greater Jakarta berikut untuk menandai wilayahnya.

1. DKI Jakarta, kode 021
Terdiri atas Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Baca Juga: Alasan Mengapa Seseorang Kerap Ditelepon Nomor Greater Jakarta

2. Banten, kode 021
Terdiri atas kawasan Tigaraksa yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Pamulang di Kota Tangerang Selatan.

3. Jawa Barat, kode 021
Terdiri atas kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok kecuali Sawangan dan Bojongsari, serta Kabupaten Bogor yang terdiri dari Cibinong, Cileungsi, Klapanunggal, Jonggol, Sukamakmur, Cariu, dan Tanjungsari.

Untuk memastikan apakah nomor Greater Jakarta ini merupakan penipuan atau tidak, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi GetContact yang bisa melacak identitas pemakai nomor tersebut.

Image Kode Greater Jakarta

Kode Greater identik dipakai oleh penipu. Hal ini terjadi karena sering terjadi kasus seseorang menerima telepondari kode greater dan ternyata penelepon adalah penipu.

Grater Jakarta adalah panggilan dari wilayah Jakarta atau Jabodetabek. Kalau kamu mendapatkan panggilan dari kode nomor tersebut di atas dan tidak dikenal, sebaiknya waspada.

Jika kamu ingin mengetahui kode greater Jakarta penipu atau bukan, kamu bisa melakukan cek nomor greater Jakarta menggunakan google support.

Google bisa mengidentifikasi ID penelepon, bisnis, dan juga menentukan apakah panggilan telepon tersebut spam atau bukan. Agar kamu bisa terhindar dari penelepon yang menggunakan nomor greater Jakarta, kamu bisa melakukan perlindungan dengan cara sebagai berikut:

- Buka menu telepon di handphone
- Masuk ke panggilan, buka panggilan terbaru, simpan nomor tersebut lalu ketuk titik tiga di kanan atas
- Pilih blokir atau laporkan spam

Cara tersebut di atas, bisa mengurangi keresahan kamu agar tidak diganggu oleh nomor greater Jakarta. Kamu juga bisa cek nomor greater Jakarta menggunakan aplikasi pelacak nomor hape seperti shocaller, whoscall, call blocker, free blacklist and whitelist, truecaller, dan lain sebagainya.

Demikian itu informasi cara cek nomor greater Jakarta. Semoga bermanfaat dan tetap waspada.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #nomor #greater #jakarta #yang #sering #telepon #apakah #penipuan #modus #baru

KOMENTAR