3,6 Miliar Data Lokasi Dijual dari 11 Juta HP: Perusahaan Panen Cuan, Konsumen Dirugikan?
Ilustrasi data. (Istimewa)
14:56
19 Juli 2024

3,6 Miliar Data Lokasi Dijual dari 11 Juta HP: Perusahaan Panen Cuan, Konsumen Dirugikan?

Saat ini, banyak aplikasi tidak hanya menggunakan berbagi lokasi agar berfungsi sebagaimana mestinya, namun juga mengirimkan data tersebut untuk tujuan periklanan.

Namun dalam investigasi yang dilakukan oleh Bavarian Broadcasting Corporation (BR) dan netzpolitik.org mengungkap setidaknya sebanyak 3,6 miliar data lokasi dijual oleh para data dealer.

BR dan netzpolitik.org meneliti sejauh mana hal ini terjadi. Melalui Datarade, tim peneliti menerima 3,6 miliar data lokasi dari 11 juta pengidentifikasi perangkat yang berasal dari HP Jerman.

Namun, mungkin ada tumpang tindih dalam pengidentifikasi perangkat yang dikirimkan. Beberapa aplikasi dapat digunakan dalam satu smartphone

Baca Juga: Hacker Klaim Curi Data Disney, Proyek Marvel Disinyalir Bocor?

Oleh karena itu, faktor diferensiasi yang lebih tepat pada data yang dikirimkan tidak mungkin dilakukan, tetapi jumlahnya masih sangat tinggi.

Data GPS diperoleh dari aplikasi yang diinstal pada ponsel. Banyak aplikasi, seperti aplikasi kencan, navigasi, atau cuaca, memerlukan izin untuk mengakses lokasi. Titik data ini secara bersamaan dijual ke dealer data untuk tujuan periklanan.

Ilustrasi Keamanan (Pexels/Pixabay)Ilustrasi Keamanan (Pexels/Pixabay)

Pembeli data kemudian akan dapat menerima informasi yang tepat tentang pengguna. Sebagai contoh, dengan menggunakan informasi yang tersedia untuk umum dan pola pergerakan, identitas seorang pegawai badan intelijen Jerman dapat ditentukan, yang mungkin merupakan pelanggan dari penyalur data tersebut.

Dilansir dari Nextpit pada Jumat (19/7/2024), dataset yang digunakan disediakan oleh penyedia sebagai uji coba gratis. Dengan pembayaran bulanan sebesar 14.000 dollar AS dan pembayaran dapat terus diperbarui secara real-time.

Meskipun berbagai macam aplikasi memerlukan izin akses lokasi untuk menjalankan fungsinya, pengguna juga harus menyetujui transfer data untuk tujuan periklanan berdasarkan Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) yang berlaku.

Baca Juga: Cara Cek Masa Aktif, Pulsa dan Paket Data Nomor Tri Terbaru

Namun, pihak berwenang memiliki kewenangan terbatas untuk melakukan intervensi pada saat ini. Dari segi hukum, operator platform perantara tidak bersalah karena hanya memastikan bahwa pembeli dan penjual menemukan satu sama lain.

Di sisi lain, bagi pengguna aplikasi harus memutuskan dua pilihan, yaitu tidak menggunakan aplikasi sama sekali atau mempertimbangkan dengan cermat kapan mengizinkan izin aplikasi di ponsel saat berbagi lokasi.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #miliar #data #lokasi #dijual #dari #juta #perusahaan #panen #cuan #konsumen #dirugikan

KOMENTAR