Usung RAM LPDDR5X, Dimensity 9400 Diklaim Jadi Chip Tercepat?
Ilustrasi chipset MediaTek Dimensity. (MediaTek)
08:40
17 Juli 2024

Usung RAM LPDDR5X, Dimensity 9400 Diklaim Jadi Chip Tercepat?

Samsung resmi merilis RAM LPDDR5X pada April 2024 lalu. Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut juga telah menyelesaikan verifikasi memori anyar bekerja sama dengan MediaTek.

Perlu diketahui, RAM LPDDR5X dari Samsung menawarkan kecepatan transfer data mencapai 10,7 Gbps. Samsung baru-baru ini memasangkan chipset flagship MediaTek Dimensity 9400 dengan RAM LPDDR5X 16 GB untuk menguji kecepatan memori.

Menurut klaim perusahaan, Dimensity 9400 bakal menjadi chipset dengan RAM LPDDR5X tercepat di industri. Dikutip dari Gizmochina, MediaTek belum membagikan detail apa pun terkait pengujian atau tentang Dimensity 9400 secara keseluruhan.

Meski begitu, pengumuman dari Samsung menyuratkan bahwa Dimensity 9400 akan menjadi chip pertama yang mendukung teknologi RAM canggih ini.

Baca Juga: Perbandingan Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 Vs MediaTek Dimensity 8300, Mana Lebih Sip?

MediaTek hanya mengonfirmasi, Dimensity 9400 bakal meluncur pada semester kedua 2024. Itu kemungkinan rilis pada Q4 2024, mirip waktu peluncuran Snapdragon 8 Gen 4.

Ilustrasi MediaTek Dimensity 9400. (Gizmochina)Ilustrasi MediaTek Dimensity 9400. (Gizmochina)

Sebagai informasi, Dimensity 9400 digadang-gadang bersaing ketat melawan Snapdragon 8 Gen 4. Skor performa AnTuTu yang diduga milik kedua chipset bahkan menembus 3 juta poin.

LPDDR5X baru dari Samsung menjanjikan peningkatan 25 persen dalam efisiensi daya dan kinerja dibanding generasi sebelumnya. Memori baru ini juga disebut-sebut akan meningkatkan kinerja AI pada perangkat untuk tugas-tugas seperti pembuatan teks dari suara.

Jangkauan untuk LPDDR5X mungkin melampaui kinerja smartphone standar mengingat chip ini kabarnya bisa diaplikasikan di industri otomotif. Teknologi anyar mendukung fitur bertenaga AI seperti mobil tanpa pengemudi.

"Kolaborasi dengan Samsung Electronics ini telah memposisikan Dimensity generasi berikutnya dari MediaTek sebagai chipset pertama di dunia yang divalidasi untuk kecepatan LPDDR5X. Hal ini menghasilkan tingkat fungsionalitas AI dan performa seluler yang belum pernah ada sebelumnya. Arsitektur yang diperbarui ini memberdayakan pengembang dan pengguna untuk memanfaatkan kemampuan AI tingkat lanjut dan menikmati berbagai fitur yang lebih luas dengan dampak minimal pada masa pakai baterai," kata JC Hsu selaku Corporate Senior Vice President di MediaTek.

Baca Juga: Bocoran Chipset Xiaomi 14T Series, Bawa Performa Kencang di Kelasnya

Berdasarkan bocoran sebelumnya, Dimensity 9400 akan menggunakan sistem fabrikasi 3 nm. Chipset anyar ini diharapkan hadir pada dua smartphone flagship yaitu Vivo X200 dan Oppo Find X8.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #usung #lpddr5x #dimensity #9400 #diklaim #jadi #chip #tercepat

KOMENTAR