Cara Cek Keaslian Loker, Biar Gak Kena Tipu Iklan Bodong!
Ilustrasi loker (Pexels.com/Christina Morillo)
20:24
8 Juli 2024

Cara Cek Keaslian Loker, Biar Gak Kena Tipu Iklan Bodong!

Perkembangan dunia digital membuat kamu harus serba waspada agar terhindar dari penipuan. Biar gak kena tipu iklan bodong, begini cara cek keaslian loker.

Berbeda dari beberapa waktu yang lalu, kini kamu bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan dengan mudah hanya bermodalkan internet. Saat ini banyak situs lowongan pekerjaan yang muncul dan memberi berbagai informasi yang kamu butuhkan.

Sayangnya, hal ini justru rentan akan penipuan sehingga perlu sangat waspada. Beberapa kasus, oknum-oknum tidak bertanggung jawab ini bisa mengambil data pribadi kamu atau justru melakukan aksi pemerasan.

Sekilas, cukup sulit untuk membedakan loker asli dan palsu. Kamu perlu sangat teliti membaca informasi yang tertulis di lembar syarat sebelum mengirim lamaran.

Baca Juga: Seberapa Penting Family Office Usulan Luhut? Ini Tujuan dan Cara Kerjanya

Di sisi lain, kamu juga perlu untuk menelusuri perusahaan pembuat lowongan pekerjaan apakah terpercaya atau justru berbahaya untuk kamu coba.

Beruntung saat ini, beberapa situs menyediakan fitur untuk memeriksa keaslian loker. Mudah dan cepat, begini cara cek keaslian loker.

1. Cek situs resmi perusahaan

Kamu bisa memeriksa situs resmi perusahaan dengan masuk ke laman https://pse.kominfo.go.id/. Copy situs resmi perusahaan lalu paste di kolom yang tersedia. Kemudian pilih 'Cek' untuk mengetahui status situs resmi perusahaan tersebut.

2. Perhatikan alamat email perusahaan

Baca Juga: Tak Hanya Pabrik, Sekolah Tekstil Juga Tumbang, Ini Daftarnya

Ketika berkomunikasi dari karyawan perusahaan tersebut, perhatikan alamat email perusahaan. Kantor yang terpercaya biasanya akan menghubungimu dengan email karyawan yang memiliki nama perusahaan di alamat email-nya.

3. Cek alamat dan review perusahaan di Google Maps

Kecanggihan teknologi saat ini membuat kamu bisa dengan mudah melakukan cek alamat dan review perusahaan di Google Maps. Pastikan membaca review dan alamat perusahaan agar bisa dipercaya sebelum mengirimkan lamaran nantinya.

Tidak perlu khawatir mengenai penipuan yang mengancam, itu tadi cara cek keaslian loker yang bisa kamu coba dengan mudah.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #cara #keaslian #loker #biar #kena #tipu #iklan #bodong

KOMENTAR