Kembangkan Teknologi AI, Pendapatan Samsung Melonjak Drastis di Q2
Logo Samsung. [Shutterstock]
17:24
7 Juli 2024

Kembangkan Teknologi AI, Pendapatan Samsung Melonjak Drastis di Q2

Samsung baru-baru ini mengungkap keuangannya hingga kuartal kedua atau Q2 di tahun 2024 ini. Perusahaan HP asal Korea Selatan ini sukses meraih hasil memuaskan berkat perkembangan teknologi AI yang dibawa.

Dalam data keuangan yang diungkap belum lama ini, vendor HP ini sukses meraup hasil penjualan sekitar 74 triliun won. Angka ini meningkat sebanyak 23 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023 lalu.

Dilansir dari GSM Arena, data keuangan ini mengungkap bahwa laba operasional Samusng diperkirakan mencapai 10,4 triliun won. Hal ini 15 kali lebih tinggi dibanding periode April hingga Juni 2023.

Namun, data ini tidak bisa menjadi patokan. Pasalnya, tahun 2023 cukup menantang untuk para vendor HP. Ini diakibatkan oleh penurunan permintaan chip yang terjadi.

Baca Juga: Cara Hemat Baterai di HP Samsung Galaxy A25 5G

Di sisi lain, konsumen dan produsen juga bergeser dari chip menjadi kartu grafis. Mereka kini fokus pada tren AI yang kian berkembang hingga saat ini.

Samsung menjadi salah satu vendor HP yang mengembangkan teknologi AI di produknya dengan sangat baik. Samsung bahkan menjadi pemasok semikonduktor yang diperlukan untuk teknologi tersebut.

Dibandingkan dengan tahun 2022, sebelum penurunan signifikan terjadi, penjualan dan laba berada dalam kisaran yang nyaris sama.

TrendForce menyebut jika harga chip memori melonjak 13 hingga 18 persen. Analis memperkirakan bahwa chipset high-end (HBM) dan SSD akan memimpin pasar pada tahun 2024.

Sukses mengembangkan teknologi AI, Samsung menjadi salah satu perusahaan dengan peningkatan pemasokan di kuartal 2. Kini beberapa vendor HP lainnya ikut mengembangkan teknologi yang sama guna meraih hasil serupa.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Book 4 Ultra, Fitur Serba Premium

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #kembangkan #teknologi #pendapatan #samsung #melonjak #drastis

KOMENTAR