5 Tips Membuat Password yang Aman, Jangan Pakai Admin#123
Ilustrasi password. [Shutterstock]
15:24
6 Juli 2024

5 Tips Membuat Password yang Aman, Jangan Pakai Admin#123

Password berperan penting sebagai kunci keamanan untuk masuk ke akun Anda. Mulai media sosial, email, perbankan dan akun lainnya menggunakan password untuk pengaman dari serangan siber.

Sangat disayangkan masih banyak orang menggunakan password yang tidak aman. Dari mudah untuk ditebak hingga memakai password-password populer.

Beberapa password yang banyak digunakan dan harus dihindari seperti: admin123, password123, asdfghjkl, admin#123, passwordadmin dan masih banyak lainnya.

Juga jangan pakai nama sendiri, nama keluarga, tanggal lahir dan data-data yang masih bersangkutan dengan pemilik password.

Baca Juga: Lupa Password Instagram? Jangan Panik, Ikuti Langkah Mudahnya di Sini!

Lalu bagaimana cara membuat password yang aman, sulit ditebak untuk mengamankan akun Anda? Ikuti tips-tips berikut ini.

Tips Membuat Password yang Aman

Berikut ini dirangkum Suara.com ada empat tips untuk membuat password yang aman dan sulit untuk ditembus oleh peretas:

1. Panjang

Semakin panjang password yang Anda gunakan, semakin lama peretas untuk menebaknya. Setidaknya gunakan password lebih dari 8 karakter.

Baca Juga: 10 PIN Password Paling Umum Digunakan, Ada Punyamu?

2. Kombinasi Unik

Jangan gunakan password satu kata yang bisa ditebak, namun kombinasikan dengan berbagai karakter unik. Juga tambahkan dengan huruf besar dan kecil secara acak.

Contoh: w412G413K451T!muR

3. Frase Unik

Guna mempermudah mengingat password, Anda bisa memakai sebuah frase unik. Namun untuk memperkuat, gunakan kombinasi karakter unik.

Contoh: dOkter#mak4n@Nas1

4. Unik Setiap Akun

Jangan gunakan password yang sama untuk semua akun. Karena jika satu tertebak, terbobol semua akun yang Anda miliki. Gunakan beda akun beda password.

5. Ganti Password Berkala

Mengganti password yang Anda miliki secara berkala juga membantu untuk mengamankan akun. Terlebih setelah ada kebocoran data, langsung ganti password Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat password yang kuat dan aman, sehingga akun Anda terlindungi dari serangan siber. Ingat, password yang kuat adalah benteng pertahanan pertama dalam menjaga keamanan data dan privasi online Anda.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #tips #membuat #password #yang #aman #jangan #pakai #admin123

KOMENTAR