Samsung Kenalkan Exynos W1000, Diklaim Lebih Kencang dan Hemat Daya
Exynos W1000. (Samsung)
12:00
4 Juli 2024

Samsung Kenalkan Exynos W1000, Diklaim Lebih Kencang dan Hemat Daya

Samsung siap menggelar acara besar Galaxy Unpacked pada 10 Juli mendatang. Menjelang Galaxy Unpacked, Samsung mengenalkan chip khusus wearable, Exynos W1000.

Menurut klaim Samsung, Exynos W1000 menawarkan performa lebih kencang dan hemat daya dibanding generasi sebelumnya. Exynos W1000 sendiri merupakan generasi penerus W930, chip bersistem fabrikasi 5 nm.

Salah satu fitur utama Exynos W1000 adalah chip ini dibuat dengan proses manufaktur baru dan sangat kecil (3 nm). Teknologi mutakhir itu memungkinkan Samsung membuat chip lebih kecil tanpa membuatnya menjadi lebih panas.

Chip lebih kecil berarti smartwatch yang lebih ramping dan nyaman. W1000 juga menggunakan teknik pengemasan khusus untuk menjaga suhu di dalam smartwatch tetap dingin.

Baca Juga: Galaxy Z Fold 7 dan Ponsel Layar Gulung Pertama Samsung Bakal Dilengkapi Pengenalan Sidik Jari Layar Penuh

Dikutip dari Gizchina, cara lain Exynos W1000 menghemat ruang adalah dengan memasang komponen penting langsung ke dalam chip itu sendiri. Ini mengosongkan ruang ekstra untuk hal lain, seperti baterai yang lebih besar.

Exynos W1000. (Samsung)Exynos W1000. (Samsung)

Chip tersebut juga memiliki prosesor bertenaga dengan satu core super cepat dan empat core efisiensi daya. Konfigurasi CPU mencakup satu core Cortex A-78 (1.6 GHz) dan empat core Cortex-A55 (1.5 GHz).

"Exynos W1000 mengubah ekspektasi tentang seberapa sering Anda harus mengisi daya jam tangan pintar Anda. Melalui desain berdaya rendah yang efisien berdasarkan proses 3 nm dan ditingkatkan ke memori LPDDR5, Exynos W1000 memungkinkan Anda menikmati kinerja premium saat menggunakan jam tangan pintar lebih lama," tulis Samsung di laman resmi perusahaan.

Artinya, smartwatch dapat menangani tugas-tugas berat tanpa menguras baterai terlalu cepat. Terkait grafis, Exynos W1000 menggunakan GPU Mali-G68 MP2. Ini dapat menangani visual berkualitas tinggi di layar jam tangan pintar, bahkan pada layar Galaxy Watch7 Ultra yang dikabarkan lebih besar.

Sebagai informasi, Exynos W1000 bakal menjadi dapur pacu Galaxy Watch7 dan Watch7 Ultra. Chip ini bahkan dirumorkan tersemat pada Galaxy Ring. Hal tersebut menunjukkan bahwa W1000 adalah chip serbaguna yang dapat digunakan pada berbagai jenis teknologi wearable.

Baca Juga: Demi Saingi iPad, Samsung Galaxy Tab S10 Tawaran Model Plus dan Ultra

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #samsung #kenalkan #exynos #w1000 #diklaim #lebih #kencang #hemat #daya

KOMENTAR