Hacker Server PDN Ngaku Kasihan dengan Warga Indonesia, Netizen: Semiris Itu Kah Kita?
Ilustrasi Hacker (Pexels/Jules Amé)
16:24
2 Juli 2024

Hacker Server PDN Ngaku Kasihan dengan Warga Indonesia, Netizen: Semiris Itu Kah Kita?

Sempat membuat geger beberapa waktu yang lalu, akhirnya hacker Brain Cipher yang mengirimkan serangan ransomware ke server Pusat Data Nasional atau PDN meminta maaf.

Dalam keterangan resminya, hacker ini mengaku kasihan dengan warga Indonesia usai aksi peretasan situs PDN yang dilakukan belum lama ini. Brain Cipher meminta maaf atas aksi mengirimkan ransomware live ke situs berisi data-data penting tersebut.

"Warga negara Indonesia, kami mohon maaf karena hal ini berdampak bagi semua orang" tulis keterangan resmi yang beredar.

Sebagai bentuk permohonan maaf, hacker server PDN ini memberikan kunci enkripsi pada Rabu (3/7/2024) mendatang. Kunci enkripsi ini bisa digunakan untuk membuka akses PDN yang kena ancaman ransomware beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ogah Bernasib Diacak-acak Seperti PDN, Ini Strategi Heru Budi Cegah Data Pemprov DKI Dibobol Hacker

Lebih lanjut, Brain Cipher mengaku jika aksinya ini bukan karena unsur politik. Kelompok tersebut hanya ingin memberi pelajaran sambil menguji keamanan sistem jaringan Indonesia yang justru masih rentan serangan hacker.

Pengakuan hacker server PDN yang kasihan dengan warga Indonesia ini lalu menuai berbagai komentar dari netizen yang ramai membicarakan hal tersebut di media sosial.

"Jika seranganmu membawa perubahan untuk pemerintah kami, maka kamu adalah pahlawanku" balas netizen.

"Ibarat lu diculik, terus penculiknya ngelepasin lu karena penculiknya kasihan sama lu soalnya orangtua lu tulul. Gatau mau senang apa sedih" komentar akun lainnya.

"Jadi mereka kasihan sama kita? Semiris itu kah kita?" ungkap netizen.

Baca Juga: Data KIP Kena Dampak Serangan Ransomware PDN, Bagaimana Nasib Uang Kuliah Mahasiswa?

"Ya Allah sampai dikasihani hacker-nya gini wkwk" tulis akun lainnya.

Sebelumnya, server PDN menjadi sasaran serangan hacker yang kemudian meminta uang tebusan fantastis ke pemerintah. Setelah menjadi viral, server tersebut kembali pulih dan bisa digunakan.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #hacker #server #ngaku #kasihan #dengan #warga #indonesia #netizen #semiris #kita

KOMENTAR