5 Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel, Bisa Lewat Aplikasi dan Kode USSD
Ilustrasi lelaki sedang menelepon. (Mimzy / Pixabay)
13:48
30 Juni 2024

5 Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel, Bisa Lewat Aplikasi dan Kode USSD

Ring Back Tone (RBT), yang dalam bahasa Indonesia disebut nada sambung pribadi NSP, adalah suara yang didengar oleh penelepon saat menunggu panggilan diangkat oleh orang yang dihubungi. Jadi, ketika kamu menelepon seseorang, bunyi "tut tut tut..." yang kamu dengar sampai orang tersebut menjawab telepon adalah nada sambung standar.

RBT atau NSP ini memungkinkan kamu untuk mengganti nada sambung tersebut dengan suara lain, misalnya lagu kesukaan kamu, salam sapa, atau bunyi-bunyian lainnya.

Biaya langganan NSP di Indonesia tidak seragam untuk semua provider dan tergantung pada lamanya berlangganan. Umumnya, biaya RBT berkisar Rp 3.500 tergantung provider dan durasi berlangganan (misal: 3 hari, 14 hari, atau 30 hari).

Sejumlah operator seluler atau provider telah mematikan layanan RBT mereka, slaah satunya XL Axiata sejak 2023 silam. Namun masih ada yang menjalankan program langganan NSP, seperti Telkomsel.

Baca Juga: Berteknologi AI, Ted Siap Bantu Tingkatkan Layanan Bisnis

NSP Telkomsel masih beroperasi bahkan terus menambah koleksi lagu dengan bekerjasama dengan para musisi dan perusahaan musik lainnya.

Namun buat kamu yang ingin berhenti berlangganan layakan tersebut, ada cara-cara yang bisa dilakukan. Berikut cara berhenti langganan NSP Telkomsel dan provider lainnya yang tim rangkum untuk kamu.

5 Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel

Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Langkah pertama adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel yang dapat diunduh dari toko aplikasi resmi.

Baca Juga: Telkomsel Gandeng Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Teknologi Pemindaian Telapak Tangan

Setelah mengunduh dan membuka aplikasi, cari opsi "Pengaturan Nada Sambung Panggilan" atau "NSP" di menu atau pengaturan aplikasi.

Di sana, kamu akan menemukan pilihan untuk menonaktifkan NSP atau mengubah pengaturan NSP menjadi default.

Melalui Pengaturan Ponsel

Cara kedua adalah melalui pengaturan ponsel kamu. Buka pengaturan ponsel dan cari opsi "Panggilan" atau "Pengaturan Panggilan". Di dalamnya, kamu akan menemukan opsi "Nada Sambung Panggilan" atau "NSP".

Pilih opsi tersebut dan nonaktifkan atau atur ulang pengaturan NSP menjadi default.

Mengirim SMS ke 1212

Kamu juga dapat menonaktifkan NSP dengan mengirim SMS ke nomor 1212 dengan format pesan yang sesuai. Coba kirim pesan dengan format "NSP(spasi)OFF" atau "NSP(spasi)DEFAULT" ke 1212.

Setelah itu, kamu akan menerima balasan konfirmasi bahwa NSP Telkomsel berhasil dinonaktifkan atau diatur ulang menjadi default.

Menghubungi Layanan Pelanggan

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menonaktifkan NSP atau tidak menemukan opsi yang tepat, kamu dapat menghubungi layanan pelanggan Telkomsel.

Tim layanan pelanggan akan membantu kamu dengan proses penonaktifan NSP atau memberikan petunjuk langkah demi langkah yang sesuai dengan ponsel kamu.

Menggunakan USSD Code

Terakhir, kamu dapat mencoba menggunakan USSD code untuk menonaktifkan NSP Telkomsel. Coba panggil *121# atau *111# dari ponsel kamu dan ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Cara Berhenti Langganan Ring Back Tone Semua Provider

1. Indosat Ooredoo

  • SMS: Ketik UNREG dan kirim ke nomor 808.
  • Dial: Tekan *726# dan ikuti petunjuknya.
  • iM3 App: Buka aplikasi iM3 App, pilih menu "Profil", kemudian pilih "Nada Sambung". Di sana, kamu dapat memilih "Berhenti Langganan".

2. XL Axiata

  • SMS: Ketik UNSUB dan kirim ke nomor 1818.
  • Dial: Tekan 12367# dan ikuti petunjuknya.
  • MyXL App: Buka aplikasi MyXL App, pilih menu "Profil", kemudian pilih "Nada Sambung". Di sana, kamu dapat memilih "Berhenti Langganan".

3. Tri

  • SMS: Ketik STOP dan kirim ke nomor 123.
  • Dial: Tekan *99# dan ikuti petunjuknya.
  • BimaTri App: Buka aplikasi BimaTri App, pilih menu "Profil", kemudian pilih "Nada Sambung". Di sana, kamu dapat memilih "Berhenti Langganan".

4. Smartfren

  • SMS: Ketik UNREG dan kirim ke nomor 5000.
  • Dial: Tekan 1215# dan ikuti petunjuknya.
  • MySmartfren App: Buka aplikasi MySmartfren App, pilih menu "Profil", kemudian pilih "Nada Sambung". Di sana, kamu dapat memilih "Berhenti Langganan".

Itulah cara berhenti langganan NSP Telkomsel dan RBT provider lainnya yang bisa kamu coba lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #berhenti #langganan #telkomsel #bisa #lewat #aplikasi #kode #ussd

KOMENTAR