Celah Keamanan GPU Bocor, Ungkap Data AI Jutaan Perangkat iPhone dan MacBook
Logo Apple di iPhone. [Shutterstock]
15:08
18 Januari 2024

Celah Keamanan GPU Bocor, Ungkap Data AI Jutaan Perangkat iPhone dan MacBook

Celah kemanan GPU baru-baru ini bocor ke publik. Kebocoran ini membuat data AI jutaan perangkat iPhone dan MacBook serta chipset AMD atau Qualcomm ikut tersebar.

LeftoverLocals menyebut jika celah keamanan yang bocor ini berkaitan dengan kartu grafis atau GPU yang menyimpan data AI pada SoC perangkat.

Dilansir dari GSM Arena, celah keamanan ini membuat hacker dapat menggunakan dan mengakses informasi pribadi pengguna melalui memori lokal GPU pada perangkat yang digunakan.

Tidak tinggal diam, Apple usai mendapat laporan mengenai hal ini langsung melakukan penanganan. Beberapa perangkat yang menjadi fokus Apple adalah yang menggunakan chipset M3 dan A17 Bionic.

Namun untuk perangkat-perangkat lama Apple seperti iPhone 12 Pro, iPad dan M2 MacBook Air masih dalam masa penanganan nantinya terkait celah keamanan GPU ini.

Berdasarkan penyelidikan, kemunculan celah kemanan ini ditemukan pada perangkat dengan GPU dari Apple, AMD, Qualcomm dan Imagination. Sedangkan kartu grafis Nvidia, Arm dan Intel tidak berkaitan dengan kebococran ini.

GPU atau unit grafis pada perangkat memiliki peran penting karena memiliki akses ke banyak data. 10 baris kode yang bocor dapat digunakan oleh peretas untuk mengakses memori lokal yang berisi total data 5 MB hingga 180 MB.

Terkait laporan mengenai celah keamanan dari GPU yang bocor ini, berbagai perusahaan sedang bersiap untuk melakukan penanganan agar hal tersebut tidak lagi terjadi di masa mendatang.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #celah #keamanan #bocor #ungkap #data #jutaan #perangkat #iphone #macbook

KOMENTAR