Harga HP Samsung-Xiaomi Bakal Lebih Mahal, Ini Biang Keroknya
Samsung Galaxy S24 Ultra resmi dikenalkan ke Indonesia pada Kamis (18/1/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
09:08
19 Juni 2024

Harga HP Samsung-Xiaomi Bakal Lebih Mahal, Ini Biang Keroknya

HP Android kelas premium buatan Samsung hingga Xiaomi diprediksi bakal lebih mahal. Sebab kenaikan harga ini dipengaruhi oleh faktor chip yang diproduksi Qualcomm.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, prosesor Snapdragon Gen 4 yang akan diluncurkan Qualcomm memiliki harga lebih mahal ketimbang generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 3.

Bahkan, harga chipset terbaru Qualcomm ini diprediksi naik 25 hingga 30 persen. Artinya, satu chip Snapdragon 8 Gen 4 bisa mencapai 200 Dolar AS atau sekitar Rp 3,2 juta.

Kenaikan harga chip ini sebenarnya tidak begitu berpengaruh untuk konsumen yang mendapatkan HP dengan prosesor tersebut. Sebab produsen ponsel bisa mengakalinya dengan hal lain.

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Ultra Bakal Dipakai Siarkan Opening Olimpiade Paris 2024

Misalnya, perusahaan smartphone akan memangkas biaya di komponen. Ada kemungkinan juga kalau biaya komponen lain bisa saja turun.

Sehingga brand HP Android bisa menyesuaikan biaya ponsel tanpa perlu menaikkan harga ke konsumen, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (18/6/2024).

Tapi kenaikan harga chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 sebesar 30 persen tentu saja signifikan. Sehingga ada kemungkinan HP Android dijual lebih mahal.

Adapun brand HP yang biasanya menggunakan chip Snapdragon adalah Samsung hingga Xiaomi. Samsung Galaxy S24 Ultra hingga Xiaomi 14 yang sudah dirilis ke Indonesia membawa prosesor Snapdragon 8 Gen 3.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smartband Murah dan Berkualitas Terbaik Juni 2024, Harga Mulai Rp 200 Ribuan

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #harga #samsung #xiaomi #bakal #lebih #mahal #biang #keroknya

KOMENTAR