Viral Sapi Mati Sebelum Disembelih Gegara Terjerat Tali, Netizen Simpati ke Pemiliknya
Viral sapi mati karena terjerat tali. (X @merapi_uncover)
13:08
18 Juni 2024

Viral Sapi Mati Sebelum Disembelih Gegara Terjerat Tali, Netizen Simpati ke Pemiliknya

Penampakan sapi yang mati sebelum disembelih viral di media sosial. Sapi tersebut gagal menjadi hewan kurban sehingga membuat netizen bersimpati kepada pemiliknya.

Sebuah postingan bersumber dari akun Instagram @kim_padukuhandengok5 memperlihatkan momen saat sapi tergeletak di dekat pohon. Warga sekitar menduga bahwa hewan tersebut mati karena terlilit tali mengingat sapi dalam kondisi baik-baik saja sehari sebelumnya, Minggu (16/06/2024).

Postingan tersebut semakin viral usai dibagikan oleh akun @merapi_uncover. Insiden sapi mati karena terjerat tali terjadi pada salah satu masjid di Desa Dengok, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Menurut laporan dari akun Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Padukuhan Dengok V, Playen, Gunungkidul, warga setempat akhirnya memilih untuk menguburkan sapi itu. Pada gambar viral, kita dapat menyaksikan posisi sapi yang terlalu dekat dengan pohon dalam kondisi terikat kencang.

Baca Juga: Viral Video Sapi Pasrah Saat Akan Dipotong Jadi Hewan Kurban, Masukan Kepalanya Sendiri ke Lubang

Mengutip NU Online, salah satu pengertian bangkai adalah binatang halal yang mati tanpa disembelih. Bangkai hewan ternak seperti kambing atau sapi diharamkan untuk dikonsumsi.

Viral sapi mati karena terjerat tali. (X @merapi_uncover)Viral sapi mati karena terjerat tali. (X @merapi_uncover)

"Tragedi, kurban sapi di Masjid Salafiyah Dengok V, RT:15/05, Dengok, Playen Gunungkidul batal karena sapi mati terjerat tali," tulis akun @merapi_uncover.

Informasi teranyar dari KIM Padukuhan Dengok mengungkap bahwa panitia membatalkan sapi tersebut menjadi hewan kurban sehingga mereka menguburkannya. Menurut laporan dari akun yang sama, masjid sekitar tempat kurban masih direnovasi sehingga tidak ada yang menjaga.

Usai insiden ini, terdapat donatur yang menyumbang kambing sebagai pengganti hewan kurban. Postingan viral sapi mati sebelum disembelih tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

"Kasihan yang berkurban. Kita nggak tahu struggle-nya mereka nabung ngumpulin uang supaya bisa berkurban (emoticon menangis)," kata @its**y6**ficial.

Baca Juga: Viral Justin Hubner Unfollow Sabreena Dressler? Fans Wanita Bersorak Kegirangan

"Rugi serugi-ruginya, status sapi jelas jadi bangkai yang dalam Islam pasti tidak halal," komentar @red**o**sez.

"Ini bukan tragedi. Fiks ini mah kelalaian panitia," cuit @ji**o*im.

"Ya ampun. Kasihan sapinya muter-muter kali ya. Sampai belibet sama tali sendiri," pendapat @a**n*serk.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #viral #sapi #mati #sebelum #disembelih #gegara #terjerat #tali #netizen #simpati #pemiliknya

KOMENTAR