HP Lipat Tiga Huawei Dinilai Ambisius, Hadapi Beberapa Tantangan
Logo Huawei. [Shutterstock]
12:16
18 Juni 2024

HP Lipat Tiga Huawei Dinilai Ambisius, Hadapi Beberapa Tantangan

Kabar terkait proyek HP lipat tiga Huawei sudah terdeteksi sejak kuartal pertama 2024. Smartphone layar lipat inovatif tersebut dinilai ambisius serta terancam menghadapi beberapa tantangan.

Sebelum ini, perusahaan telah mengajukan paten smartphone dengan bentuk 'Z' saat dilipat. Render memperlihatkan bahwa HP layar lipat itu mempunyai dua engsel yang berbeda.

Akun Jason Will di X (@jasonwill101) menilai bahwa HP lipat tiga Huawei terlalu ambisius untuk menjadi kenyataan. Perusahaan kemungkinan menghadapi beberapa rintangan dalam mewujudkannya.

Menurut Jason Will, tantangan terbesar berasal dari adaptasi perangkat lunak dan manajemen termal. Tidak seperti HP lipat dengan dua layar, desain tiga lipatan menghadirkan tantangan unik bagi OS.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Live Caption di HP Samsung, Tampilkan Subtitle Otomatis

Mengoptimalkan perangkat lunak untuk bertransisi melintasi tiga layar dan menangani kasus penggunaan yang unik bukanlah hal mudah. Postingan yang bocor baru-baru ini mengindikasikan Huawei belum menyempurnakan adaptasi software.

Desain HP lipat tiga milik Huawei. (LetsGoDigital)Desain HP lipat tiga milik Huawei. (LetsGoDigital)

Dikutip dari Gizchina, masalah manajemen termal turut memperkeruh suasana. Desain tiga lipatan itu kabarnya menggunakan layar tipis. Hal ini membuat ponsel tetap ramping saat dilipat. Namun, hal itu juga menyisakan sedikit ruang untuk sistem pendingin yang kuat.

Seri Kirin 9000 yang dispekulasikan sebagai dapur pacu bisa menjadi kekurangan untuk HP lipat ini. Bahkan iterasi terbaru SoC itu mungkin tidak cukup hemat daya untuk menangani tuntutan perangkat.

Melalui laporan terpisah, TCL resmi mengenalkan HP layar lipat tiga berukuran 7,85 inci pertama di dunia pada pameran SID 2024, San Jose, Amerika Serikat.

Teknologi "Free-Type" memungkinkan layar mendukung konfigurasi lipat 'berbentuk G' dan 'berbentuk Z'. Samsung juga pernah memamerkan konsep HP lipat tiga pada CES 2022. Mereka saat itu memamperkan perangkat dengan layar yang dapat dilipat menjadi bentuk 'S'.

Baca Juga: Intip Smartphone Racikan BMW dengan Harga Terjangkau: Modal 3 Jutaan, Siap Dibawa Pulang

Baik Samsung dan TCL belum merilis smartphone dengan layar lipat tiga ke pasar komersial. Cukup menarik apakah Huawei bisa memecahkan 'rintangan' sehingga menghadirkan HP lipat tiga ke konsumen atau tidak.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #lipat #tiga #huawei #dinilai #ambisius #hadapi #beberapa #tantangan

KOMENTAR