AMD EPYC 4004: Solusi Server Bertenaga AI Sasar UMKM, Hemat Biaya & Kaya Fitur
Peluncuran rangkaian prosesor AMD EPYC, Ryzen AI Mobile di Jakarta, Selasa (11/6/2024). [AMD]
16:32
11 Juni 2024

AMD EPYC 4004: Solusi Server Bertenaga AI Sasar UMKM, Hemat Biaya & Kaya Fitur

Potensi AI yang sangat besar dan beragam khususnya di Indonesia, mendorong AMD berfokus pada pengembangan solusi dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produk.

AMD mengumumkan jajaran prosesor AMD Ryzen AI mobile dan desktop untuk segmen enterprise dan consumer mulai dari konten creator, desainer, gamer, hingga pelajar.

AMD Ryzen PRO 8040 Series baru adalah prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile.

AMD juga menampilkan prosesor desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series, prosesor desktop berkemampuan AI pertama bagi pengguna bisnis, menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah.

Baca Juga: WWDC 2024: Apple Integrasikan ChatGPT dan Beberapa Fitur AI

Adapula AMD EPYC 4004 Series yang melengkapi portofolio CPU server AMD EPYC yang telah ada, menawarkan biaya optimal dengan fitur kelas enterprise dan kinerja terdepan untuk usaha kecil dan menengah serta penyedia layanan hosting IT.

Untuk menjangkau segmen consumer, AMD menghadirkan AMD Ryzen TM 8040 Series dengan dukungan AI- ready dan fitur-fitur baru lainnya untuk pembuatan konten, bermain game tanpa hambatan.

Peter Chambers, Managing Director, Sales, APAC, AMD di Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]Peter Chambers, Managing Director, Sales, APAC, AMD di Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]

Memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

“Di AMD, kami percaya AI akan mendefinisikan era komputasi berikutnya, dan potensi sepenuhnya hanya dapat diwujudkan ketika teknologi tersebut tersebar luas – mencakup cloud, edge, dan end point,” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, APAC, AMD.

CPU AMD EPYC 4004 Series menawarkan kinerja tingkat enterprise, keandalan, skalabilitas, dan fitur keamanan modern, didukung oleh arsitektur “Zen 4” yang sangat efisien.

Baca Juga: 10 Perangkat Ini Bisa Menikmati Fitur Canggih dengan Apple Intelligence

Server yang didukung oleh satu CPU AMD EPYC 4564P dapat memberikan peningkatan performa sebesar 1,8x per dolar CPU.

Prosesor AMD EPYC 4004 Series menawarkan biaya akuisisi yang optimal untuk pelanggan di usaha kecil dan menengah yang ingin mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

Solusi data center bertenaga prosesor ini akan memberikan fleksibilitas.

Performa beban kerja dari 3U MicroCloud Multi-Node Server Supermicro dan 1U,2U Mainstream Server Family yang ditenagai oleh CPU AMD EPYC 4004 Series, memberikan peningkatan nilai bagi pelanggan yang mencari solusi hemat biaya dan mudah diterapkan.

Prosesor Mobile AMD Ryzen PRO 8040 Series, menawarkan kinerja pemrosesan yang sangat efisien dan tanpa kompromi untuk beban kerja bisnis dan AI yang paling intensif.

Memiliki delapan core berkinerja tinggi, teknologi 4nm canggih, dan arsitektur “Zen 4” yang menawarkan gabungan kinerja 30 persen lebih baik untuk aplikasi workstation mobile.

Dengan AMD Ryzen AI pada model tertentu dan grafis AMD RDNA 3 yang kuat terintegrasi pada chip.

Seri terbaru ini menghadirkan kinerja hingga 72 persen lebih kencang dan daya 84 persen lebih sedikit untuk konferensi video dengan atau tanpa mengaktifkan pengalaman AI dibandingkan Intel Core Ultra 7 165U.

AMD EPYC. [Suara.com/Dythia Novianty]AMD EPYC. [Suara.com/Dythia Novianty]

Selain itu, PC yang bertenaga prosesor Ryzen PRO 8040 Series akan menjadi yang pertama menggunakan teknologi WiFi-7.

Di urutan teratas adalah AMD Ryzen PRO 8945HS, dilengkapi dengan delapan core, 16 thread, cache 24MB, dan grafis Radeon 780M.

Prosesor ini dapat menangani beban kerja yang menuntut grafis seperti rendering 3D, encoding video, dan pengeditan foto.

Prosesor mobile Ryzen PRO 8040 Series telah tersedia dari mitra OEM yaitu HP dan Lenovo mulai Q2, 2024.

Desktop yang dilengkapi prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series mendukung DDR5 dan PCIe 4 untuk transfer data secepat kilat, alur kerja lebih lancar.

Akses lebih cepat ke aplikasi dan data penting bisnis, serta konektivitas generasi berikutnya dengan Wi-Fi 7 tersedia di pilihan tertentu model.

Seri teratas adalah prosesor AMD Ryzen 8700G, yang memberi pengguna delapan core berkinerja tinggi dan 16 thread, cache 24MB, dan grafis AMD Radeon 780M terintegrasi.

Dalam pengujian kompetitif, AMD Ryzen 8700G menawarkan performa hingga 19 persen lebih baik dengan konsumsi daya lebih sedikit.

Prosesor Dektop Ryzen PRO 8000 Series baru telah tersedia dari mitra OEM HP dan Lenovo, serta mitra terpilih mulai Q2, 2024.

Prosesor desktop bisnis AMD Ryzen PRO 8000 Series, diklaim berkemampuan AI pertama di dunia pada kelasnya.

AMD Ryzen. [Suara.com/Dythia Novianty]AMD Ryzen. [Suara.com/Dythia Novianty]

Dengan delapan core “Zen 4” berperforma tinggi pada proses 4nm terdepan.

Desktop bisnis yang didukung oleh prosesor AMD Ryzen 7 PRO 8700G memberikan peningkatan kinerja hingga 47 persen dan kinerja grafis 3x lebih baik dalam pengujian tertentu dibandingkan dengan prosesor Intel Core i7 14700 .

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #epyc #4004 #solusi #server #bertenaga #sasar #umkm #hemat #biaya #kaya #fitur

KOMENTAR