Instagram Creator Marketplace Resmi Hadir ke Indonesia, Selebgram Makin Mudah Cari Uang
Ilustrasi Instagram. (Freepik)
16:08
10 Juni 2024

Instagram Creator Marketplace Resmi Hadir ke Indonesia, Selebgram Makin Mudah Cari Uang

Perusahaan teknologi Meta resmi memperkenalkan Instagram Creator Marketplace ke Indonesia. Ini adalah fitur yang memudahkan kreator Instagram terhubung dengan brand dan mitra melalui iklan konten bermerek hingga kemitraan.

Strategic Partner Manager APAC Global Partnerships Meta Indonesia, Rifky Septiaji mengatakan, Instagram Creator Marketplace sebenarnya sudah diluncurkan pada Juli 2022. Namun kini fitur tersebut sudah diperluas ke pasar Indonesia.

"Kami sangat antusias memperluas Creator Marketplace ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia, dan menyediakan tools yang lebih baik bagi para kreator untuk terhubung dan berkolaborasi dengan brand," katanya dalam konferensi pers di Kantor Meta Indonesia di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Sebenarnya, semua konten bermerek harus diungkapkan dengan label kemitraan berbayar, baik untuk konten Feed, Stories, Live, Reel, dan video Instagram.  Tapi kreator dan brand yang berpartisipasi dalam Creator Marketplace tidak diwajibkan untuk menggunakan label kemitraan berbayar.

Baca Juga: Cara Download Instagram Stories dengan StorySaver, Bisa Lewat HP Maupun Laptop

Creator Marketplace Instagram ini akan memfasilitasi kolaborasi yang mudah antara kreator dan brand. Kreator dapat meningkatkan visibilitas melalui profil dan portofolio, mengelola kemitraan dengan folder pesan khusus, serta menunjukkan karya dan minat unik mereka. 

"Hal ini akan membuka lebih banyak peluang penemuan oleh brand dan kemitraan yang lebih mudah bagi para kreator konten," lanjut Rifky.

Sedangkan untuk brand, Creator Marketplace menyederhanakan pencarian terhadap kreator yang sesuai dengan kriteria. Mereka dapat mencari profil kreator konten dengan insights yang relevan, membuat dan mengelola  kampanye konten bermerek, serta melacak kemajuan proyek dalam platform. 

Penemuan mitra dan manajemen kampanye yang efisien ini akan menghemat waktu dan sumber daya brand.

"Kami harap perluasan ini akan menyederhanakan penemuan peluang baru bagi para kreator dan brand, sehingga dapat mendorong lebih banyak kolaborasi dan kemitraan baru di Instagram,”

Baca Juga: WhatsApp Banjir Fitur Baru, Bisa Centang Biru Juga

Cara kerja Instagram Creator Marketplace

Pertama, kreator perlu bergabung ke Instagram Creator Marketplace di Meta Business Suite. Nantinya kreator bisa menentukan merek dan minat yang relevan dengan mereka. Kreator pun bisa membuat portofolio untuk menyorot apa saja yang membuat mereka unik. 

Selanjutnya, brand akan mencari para kreator yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Meta pun bisa merekomendasikan kecocokan kreator dan merek yang tepat untuk kampanye lewat pembelajaran mesin.
Brand juga bisa mencari kreator, yang memfilter atribut kreator dan pemirsa. Mereka juga bisa melihat daftar kreator yang telah menunjukkan minat dan memeriksa portofolio kreator.

Setelahnya, kreator akan menerima pesan merek dalam folder Pesan Kemitraan khusus di bagian atas tab Utama. Merek juga bisa menghubungi kreator secara langsung atau membuat dan mengirimkan proyek yang menjelaskan peluang iklan kemitraan atau konten bermerek ke beberapa kreator. 

Kreator bisa meninjau detail dan persyaratan peluang tersebut, beserta tarifnya, semuanya di aplikasi Instagram.

Apabila sepakat kerja sama, kreator dan brand siap berkreasi. Pengiklan bisa mempromosikan konten Instagram organik sebagai iklan kemitraan, termasuk konten bermerek dengan label kemitraan berbayar, atau mereka bisa membuat iklan kemitraan baru di Pengelola Iklan.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #instagram #creator #marketplace #resmi #hadir #indonesia #selebgram #makin #mudah #cari #uang

KOMENTAR