Axioo Class Program Hadirkan Pelatihan ala ''Kidzania'', Cetak SDM Berkualitas
Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk bersama para siswi SMK Pertiwi Kuningan dalam Axioo Class Program di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]
08:08
6 Juni 2024

Axioo Class Program Hadirkan Pelatihan ala ''Kidzania'', Cetak SDM Berkualitas

PT Tera Data Indonusa, Tbk memiliki salah satu program unggulan yang diberi nama Axioo Class Program, program sosial atau Corporate Social Impact (CSI).

Kehadiran program ini untuk memberikan sumbangsih dalam mencerdaskan bangsa. 

Saat ini, Axioo Class Program telah bekerja sama dengan lebih dari puluhan perusahaan dan juga melatih puluhan ribu siswa SMK, Perguruan Tinggi, Lembaga Pendidikan Non Vokasional per tahunnya.

Program ini merupakan program pendidikan dalam menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca Juga: Perjalanan 30 Tahun Bangun Merek Lokal, Duo Model Hype dan Pongo Jadi Andalan

Semua itu dilakukan lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf industri internasional. 

Program ini memberikan pelatihan terpadu kepada siswa dan guru.

Axioo Class Program di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]Axioo Class Program di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]

Sudah 10 tahun Axioo Class Program menjembatani dunia pendidikan dengan industri IT nasional Indonesia melalui implementasi kelas industri.

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan menyinkronisasikan kurikulum industri dengan kurikulum sekolah demi menghasilkan tenaga kerja siap pakai dan mandiri. 

Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk melihat, kesenjangan antara dunia industri dan dunia pendidikan menyebabkan banyak lulusan yang tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan oleh industri. 

Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi Axioo MyBook Hype 5 vs Advan Workpro, Laptop Murah Spesifikasi Tinggi

"Melalui Program Axioo Class, kami berupaya untuk menjembatani kesenjangan ini. Jangan biarkan Indonesia kekurangan sumber daya manusia berkualitas," tegasnya di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024).

Salah satu sekolah yang digandeng dalam Axioo Class Program adalah SMK Pertiwi Kuningan.

Tidak sendiri, Axioo Indonesia menggandeng berbagai industri untuk masuk ke sekolah-sekolah yang telah ditunjuk.

Hal tersebut salah satunya diwujudkan dengan dihadirkannya beberapa area pelatihan yang didesain khusus untuk para siswa.

Axioo Class Program memghadirkan tempat pelatihan yang betul-betul mirip dengan apa yang akan di hadapi para siswa di dunia kerja.

"Kami membangun 'Kidzania' sehingga para siswa mendapatkan pelatihan secara langsung dengan bentuk dummny-nya," terang Timmy.

Sebagai informasi, di SMK Pertiwi Kuningan dihadirkan area pelatihan salah satu bank swasta Indonesia yang memboyong mesin ATM, sebagai perangkat pelatihan.

Siswi SMK Pertiwi Kuningan dalam Axioo Class Program di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]Siswi SMK Pertiwi Kuningan dalam Axioo Class Program di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]

Tidak hanya itu ada area robotik, dimana para siswa belajar bisa belajar encoding dan langsung menerapkannya.

Dari kerja sama yang dijalin dengan industri-industri tersebut, menjadi jembatan bagi para siswa yang berprestasi di Axioo Class Program untuk langsung direkrut.

"Sebelum lulus, 80 persennya sudah terserap berkat kurikulum yang dibuat bersama Axioo," kata Kepala Sekolah SMK Pertiwi Kuningan, Dea Ariana Vamitrianto.

Diakuinya, tidak semua industri mau berbagi pengalaman dan ilmu ke sekolah-sekolah. 

"Inspirasi yang dihadirkan Axioo sangat penting dalam menciptakan SDM berkualitas," ucapnya.

Sampai dengan Desember 2023, Axioo Class Program telah menjangkau 989 Institusi Pendidikan Vokasi dan non Vokasi, 3145 Dosen dan Guru dan telah menghasilkan 18.516 siswan dan alumni. 

Kedepannya, Axioo Class Program akan terus memperluas program ini supaya membantu dunia pendidikan di Indonesia menghasilkan lulusan yang siap kerja sehingga bisa bermanfaat baik bagi dunia industry dan negara.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #axioo #class #program #hadirkan #pelatihan #kidzania #cetak #berkualitas

KOMENTAR