Tak Bisa 'Skip', Instagram Mencoba Terapkan Iklan yang Mengganggu?
Ilustrasi logo Instagram. [Shutterstock]
11:32
4 Juni 2024

Tak Bisa 'Skip', Instagram Mencoba Terapkan Iklan yang Mengganggu?

Sejumlah pengguna menemukan adanya iklan yang cukup mengganggu di Instagram baru-baru ini. Bagaimana tidak, iklan tersebut tidak bisa "di-skip" atau dilewati.

Instagram, platform media sosial di bawah META, kabarnya sedang menguji fitur baru yang disebut Ad Breaks. Menurut beberapa pengguna Reddit, Instagram terekam menampilkan iklan yang tidak dapat dilewati oleh sekelompok kecil pengguna.

Postingan di Reddit dipenuhi oleh berbagai pengguna yang kecewa dengan fitur terbaru Instagram. Sebagian dari mereka memutuskan untuk mempertimbangkan 'alternatif' lain yaitu mencari pengganti Instagram.

Dikutip dari MySmartPrice, postingan Reddit tentang uji coba fitur Instagram berasal dari akun @notthatogwiththename. Meskipun Instagram sudah penuh dengan iklan di setiap bagian, adanya iklan baru yang tak bisa "di-skip" tentu menjadi tantangan tersendiri.

Baca Juga: Cara Login ke Facebook Lewat Instagram

Menurut postingan, pengguna tidak dapat melakukan scroll atau aktivitas lain di Feed saat iklan muncul. Meskipun iklan ini cukup pendek, berkisar antara tiga hingga lima detik, namun keberadaan iklan cukup mengganggu.

Iklan di Instagram tak bisa di-skip. (Reddit)Iklan di Instagram tak bisa di-skip. (Reddit)

Iklan tersebut muncul saat pengguna mencoba mengikuti pembaruan dari orang yang mereka cintai atau pembuat konten favorit. Saat ini, Instagram tampaknya sedang melakukan pengujian A/B untuk mengetahui reaksi pengguna dan dampak Ad Breaks terhadap pendapatan iklan.

Perlu diketahui, fitur Ad Breaks sudah ada di Facebook sebelumnya. Pemasar yang ingin memasang iklan bisa menyelipkan konten iklan ke dalam video pengguna berdurasi minimal 3 menit.

Fitur tersebut memberikan penghasilan bagi pengguna yang videonya disisipi iklan. Belum diketahui apakah kebijakan yang sama akan berlaku di Instagram atau tidak. Saat fitur ini dibagikan oleh salah satu fanspage, Ad Breaks memancing ratusan ribu respons negatif dari pengguna di Instagram.

Baca Juga: Cara Menghapus Riwayat Tontonan Facebook

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #bisa #skip #instagram #mencoba #terapkan #iklan #yang #mengganggu

KOMENTAR