Perbandingan Kustomisasi Android 15 vs HyperOS, Bagus yang Mana?
Sistem operasi terbaru Xiaomi, HyperOS. [Suara.com/Dicky Prastya]
09:16
4 Juni 2024

Perbandingan Kustomisasi Android 15 vs HyperOS, Bagus yang Mana?

Dengan dirilisnya Android 15 Beta 2 dan versi awal HyperOS 1.0, skin khusus di atas Android 14 default oleh pengguna Xiaomi memiliki lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan pengalaman dalam menggunakan layar kunci.

Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan mendasar. Berikut ini perbandingan kustomisasi layar kunci Android 15 vs HyperOS 1.0:

Kustomisasi layar kunci HyperOS 1.0

HyperOS 1.0 baru dari Xiaomi adalah skin Android yang menawarkan personalisasi terbaik untuk lockscreen. Ini memiliki beberapa fitur, seperti berikut ini:

Baca Juga: Perbandingan Harga Internet Starlink, Telkomsel, XL, Indosat: Lebih Worth It Mana?

Gaya dan efek

  • Gaya Klasik: Ini adalah gaya paling sederhana, berisi informasi paling dasar, termasuk waktu, tanggal, dan cuaca. Tampilan klasiknya membuat semuanya tetap bagus dan bersih.
  • Gaya Magazine: Gaya ini adalah untuk pengguna yang menyukai personalisasi. Izinkan tampilan teks pribadi dalam font besar dan tebal. Dengan cara ini, frasa atau pengingat apa pun di layar kunci menyertakan sentuhan pribadi yang selalu ada.
  • Gaya Rhombus: Gaya ini menampilkan tampilan jam dua lapis yang memberikan kedalaman dan sentuhan modern pada tampilan waktu.
  • Depth Map Wallpaper: Efek depth adalah fitur paling luar biasa, seperti yang dilakukan iOS. Dalam gaya Magazine, elemen seperti rambut muncul di atas teks khusus, sehingga memberikan pengalaman berlapis dan imersif.
  • Special Effect untuk Wallpaper: Pengguna dapat membeli efek khusus seperti matte, gloss, tekstur buluh, dan lainnya pada wallpaper.
  • Multiple Watch Dial: Selain gaya digital dan analog standar, Xiaomi memiliki banyak pilihan tampilan jam, terutama dalam gaya Rhombus, untuk mendapatkan tampilan yang paling personal.
  • Depth Effect pada jam: Fitur halus namun sangat berdampak ini membuat angka-angka jam tampak seolah-olah mengambang di wallpaper, benar-benar membuat antarmuka layar kunci mendapatkan nuansa 3D yang sangat bagus.
Android 15. [Aandroid-developers.googleblog.com]Android 15. [Aandroid-developers.googleblog.com]

Kustomisasi layar kunci di Android 15

Android 15 Beta 2 mempertahankan pendekatan sederhana namun berguna untuk personalisasi layar kunci. Ini menyediakan hal berikut:

  • Gaya jam beragam: Ada sembilan gaya jam yang dapat dipilih di Android 15, dari tampilan yang lebih minimalis hingga gaya yang lebih rumit.
  • Warna dan ukuran jam yang dapat disesuaikan: Warna dan ukuran jam dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, sehingga memungkinkan untuk disesuaikan dengan preferensi dan aksesibilitas pribadi.
  • Pintasan layar kunci: Pengguna akan mendapatkan shortcuts di sisi layar kiri dan kanan yang dapat disesuaikan. Ini dapat diatur untuk membuka aplikasi atau tindakan, yang pada akhirnya meningkatkan fungsionalitas layar kunci.

Secara keseluruhan, HyperOS 1.0 cocok untuk pengguna yang ingin ekspresif dalam artistik pada penggunaan layar kunci. Sedangkan Android 15 ditujukan untuk pengguna yang menginginkan beberapa tingkat fungsionalitas terkait penyesuaian.

Itulah perbandingan kustomisasi yang disediakan Android 15 dan HyperOS 1.0, di mana pilihan akan kembali pada preferensi masing-masing pengguna.

Baca Juga: 10 HP Android Terkencang di Dunia Mei 2024, Tidak Ada Xiaomi-Samsung

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #perbandingan #kustomisasi #android #hyperos #bagus #yang #mana

KOMENTAR