Akibat Skandal Manipulasi Aspek Keselamatan, MLIT Jepang Lakukan Uji Tabrak Gran Max Hasilnya Mengejutkan
Buntut skandal keamanan di Jepang, pick Up Daihatsu Gran Max diuji tabrak. [newsonjapan]
20:12
17 Januari 2024

Akibat Skandal Manipulasi Aspek Keselamatan, MLIT Jepang Lakukan Uji Tabrak Gran Max Hasilnya Mengejutkan

- Menyusul masalah skandal manipulasi aspek keselamatan di Daihatsu, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) telah mempublikasikan uji tabrakan kendaraannya.

Dalam pengetesan mobil yang menabrak dinding bergema di seluruh pabrik Daihatsu di Kota Ryuo, Prefektur Shiga, pada tanggal 15 Januari 2024. Seperti yang dikutip pada newsonjapan.com MLIT memamerkan "Uji Tabrakan Frontal Lap Penuh". Hal ini untuk menilai kinerja keselamatan penumpang ketika kendaraan bertabrakan.

Kendaraan yang di uji adalah Daihatsu Gran Max, ditabrakkan langsung ke dinding beton dengan kecepatan 50 km/jam. Pengujian tersebut memverifikasi apakah kantung udara dipasang dengan benar setelah deteksi sensor. Dan apakah boneka tetap tertahan oleh sabuk pengaman setelah tabrakan.

Dalam masalah sertifikasi aspek fitur keselamatan Daihatsu, pengujian dimanipulasi sehingga airbag diatur untuk mengembang melalui pengatur waktu, bukan dipicu oleh sensor benturan sebagaimana mestinya.

Meskipun Daihatsu mengklaim bahwa penyelidikan mereka terhadap model yang terkena dampak tidak menemukan masalah keselamatan, MLIT melakukan uji kepatuhan ini dan mempublikasikannya untuk mengurangi kekhawatiran pengguna Daihatsu. Hasilnya akan dirilis secara berurutan berdasarkan model saat tersedia.

Wakil Presiden Daihatsu Hiroaki Hoshika berkomentar, "Kami dengan hati-hati mempertimbangkan langkah-langkah untuk mencegah terulangnya kembali, dan dengan menyaksikan MLIT menyaksikan pengujian ini, kami bertujuan untuk memberikan jaminan keselamatan kepada pelanggan kami."

Dalam perkembangan terkait, rencana peluncuran kendaraan komersial ringan listrik yang dikembangkan bersama oleh Daihatsu, Toyota Motor Corporation, dan Suzuki pada tahun 2023 telah ditunda karena serangkaian aktivitas penipuan yang dilakukan Daihatsu.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #akibat #skandal #manipulasi #aspek #keselamatan #mlit #jepang #lakukan #tabrak #gran #hasilnya #mengejutkan

KOMENTAR