DPR Was-was Bisnis Telkomsel-Indihome Kalah Saing dari Internet Starlink Elon Musk
Telkomsel dan BiliBili Sediakan Paket Bundling Premium. [Ist]
15:08
2 Juni 2024

DPR Was-was Bisnis Telkomsel-Indihome Kalah Saing dari Internet Starlink Elon Musk

Anggota Komisi VI DPR RI, Rudi Hartono Bangun mengingatkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk agar mengantisipasi layanan internet Starlink milik Elon Musk yang baru saja diresmikan di Indonesia.

Ia beralasan, layanan internet berbasis satelit milik perusahaan antariksa SpaceX itu bisa berpengaruh pada bisnis BUMN yang sudah ada seperti Telkom hingga Telkomsel.

"Bagaimana Telkom atau anak perusahaan seperti Telkomsel dan Indihome mengimbangi penyedia jaringan dari luar negeri ini?" katanya, dikutip dari siaran pers DPR, Minggu (2/6/2024).

Politisi Fraksi Partai NasDem ini menilai, dengan masuknya Starlink ke Indonesia tentu akan menjadi tantangan bagi BUMN telekomunikasi tersebut.

Baca Juga: Starlink Sah Jualan Internet di RI, Pengusaha Lokal Ngotot Elon Musk Harus Kerja Sama

Lebih lagi, Starlink disebutnya dapat menyediakan koneksi internet yang lebih cepat dan harga lebih rendah.

“Jangan sampai Telkom kalah saing nantinya. Jangan sampai Telkom hilang pendapatan, karena mereka menawarkan yang lebih canggih sekaligus murah," lanjut Rudi.

Kerja sama Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk untuk menyediakan internet Starlink di puskesmas daerah terpencil di Indonesia. [Dok. Kemenkes]Kerja sama Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk untuk menyediakan internet Starlink di puskesmas daerah terpencil di Indonesia. [Dok. Kemenkes]

Legislator dari dapil Sumatra Utara III ini juga mengingatkan terkait perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat. Makanya, Telkom diharapkan terus beradaptasi dan mampu bersaing.

"Dulu ada telepon rumah, lalu ada wartel. Lalu itu ditinggalkan karena ada HP. Teknologi berkembang cepat, kini ada WhatsApp yang tanpa menggunakan pulsa," papar dia.

Rudi pun mewanti-wanti Telkom agar tak ketinggalan dengan masuknya teknologi baru. Ia khawatir dengan persaingan teknologi ini Telkom tak mampu mengimbangi, sehingga produknya tak lagi dipakai masyarakat.

Baca Juga: Balas Kominfo, Pengusaha Internet Lokal Tantang Sidak Kantor Starlink Elon Musk di Indonesia

"Ini saya ingatkan, jangan sampai Telkom kalah saing nantinya. Jangan sampai Telkom hilang pendapatan, karena mereka menawarkan yang lebih canggih sekaligus murah," pungkasnya.

Sebelumnya Elon Musk meresmikan peluncuran internet Starlink di Indonesia. Layanan berbasis satelit itu dirilis di Puskesmas Pembantu, Desa Sumerta Kelod, Kota Denpasar pada Minggu sore (19/05/2024).

Dalam sambutannya, Elon Musk menyebut kalau internet bisa memudahkan kehidupan di semua bidang, termasuk kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi.

"Ini (Starlink) untuk kesehatan dan saya rasa bisa ditransformasikan untuk pendidikan juga. Kalau anda bisa mengakses internet, anda bisa pelajari segalanya secara mudah dan cepat," kata Elon dalam sambutannya.

"Kehadiran internet pun dapat membawa dampak yang signifikan pada perekonomian suatu daerah. Masyarakat di pedesaan bisa menjual produk atau jasa secara online kepada konsumen di dunia," jelasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #bisnis #telkomsel #indihome #kalah #saing #dari #internet #starlink #elon #musk

KOMENTAR