Harga HP Xiaomi-Samsung Terancam Lebih Mahal, Ini Biang Keroknya
Samsung Galaxy S24 Ultra resmi dikenalkan ke Indonesia pada Kamis (18/1/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
19:48
22 Mei 2024

Harga HP Xiaomi-Samsung Terancam Lebih Mahal, Ini Biang Keroknya

Sejumlah ponsel premium seperti Samsung hingga Xiaomi terancam dijual lebih mahal. Kenaikan harga ini buntut dari rumor soal Qualcomm, produsen chip yang menyokong HP Android.

Qualcomm sendiri diperkirakan segera merilis prosesor kelas premium Snapdragon 8 Gen 4 dalam acara Snapdragon Summit pada Oktober mendatang.

Nah harga chipset Snapdragon 8 Gen 4 inilah yang dirumorkan bakal naik. Sebab prosesor itu memerlukan biaya lebih banyak untuk dikembangkan.

Menurut laporan dari tipster Digital Chat Station, harga Snapdragon 8M8750 alias Snapdragon 8 Gen 4 bakal naik. Hal ini pun berpengaruh pada harga jual chipset tersebut.

Baca Juga:Xiaomi 15 dan HP Baru Redmi, serta Poco Lolos Sertifikasi

Qualcomm juga sudah mengisyaratkan biaya lebih tinggi untuk system on chip tersebut karena penerapan teknologi produksi baru, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Rabu (22/5/2024).

Kenaikan harga prosesor Snapdragon 8 Gen 4 akan mempengaruhi HP Android kelas premium (flagship) senilai 500 Dolar AS atau sekitar Rp 8 jutaan. Bahkan ponsel dengan kisaran harga 3.000 Yuan atau Rp 6,6 jutaan adalah segmen paling berpengaruh faktor tersebut.

Di sisi lain HP Android pertama yang kemungkinan diperkuat Snapdragon 8 Gen 3 adalah Xiaomi 15. Jika dilihat dari rekam jejak sebelumnya, prosesor Qualcomm ini kemungkinan dipakai di HP Samsung Galaxy S25.

Artinya, Xiaomi 15 hingga Samsung Galaxy S25 bakal lebih mahal dibanding generasi sebelumnya seperti Xiaomi 14 atau Samsung Galaxy S24.

Baca Juga:4 Fitur HyperOS Ini Bikin Tampilan HP Xiaomi Kamu Mirip iPhone
Editor: Dicky Prastya

Tag:  #harga #xiaomi #samsung #terancam #lebih #mahal #biang #keroknya

KOMENTAR