Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di iPhone, Biar Gak Lemot
Ilustrasi pengguna iPhone. [Pixabay]
14:40
18 Mei 2024

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di iPhone, Biar Gak Lemot

Seiring waktu, semua aplikasi, gambar, dan bahkan pesan teks di iPhone akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Saat penyimpanan penuh, iPhone akan mulai melambat atau lemot dan mengalami masalah lain.

Berikut ini cara mengosongkan ruang penyimpanan dan melihat berapa banyak penyimpanan yang tersedia di iPhone:

Cara memeriksa penyimpanan di iPhone

  • Untuk melihat sisa penyimpanan di iPhone, buka Settings > General > iPhone Storage.
  • Dari sini, Apple akan merekomendasikan cara untuk mengosongkan ruang di iPhone atau pengguna dapat menghapus aplikasi, foto, dan file lain secara manual yang menghabiskan paling banyak ruang.

Grafik batang di bagian atas layar akan menunjukkan apa yang paling banyak menghabiskan ruang di iPhone berdasarkan kategori.

Pengguna juga dapat melihat secara pasti berapa banyak penyimpanan yang digunakan dan total penyimpanan yang tersedia di iPhone di pojok kanan atas.

Jika grafik batang di bagian atas layar penuh, berikut beberapa cara untuk mengosongkan ruang di iPhone:

Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone

1. Periksa rekomendasi Apple di pengaturan penyimpanan iPhone

Apple merekomendasikan beberapa cara untuk mengosongkan ruang di iPhone berdasarkan aplikasi dan file yang dimiliki. Untuk melihat rekomendasi Apple, buka Settings > General > iPhone Storage. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Enable atau ikon panah di sebelah rekomendasi.

Rekomendasi dengan tombol Enable akan otomatis menghapus data di iPhone berdasarkan kondisi tertentu. Misalnya, pengguna dapat memilih untuk menghapus secara otomatis semua pesan teks yang berumur lebih dari satu tahun.

Di sisi lain, rekomendasi yang memiliki panah di sebelahnya memungkinkan pengguna menghapus data aplikasi secara manual.

2. Hapus aplikasi besar

Aplikasi menjadi jauh lebih besar dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, pengguna dapat mengosongkan banyak ruang di iPhone dengan menghapus aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

Untuk menghapus aplikasi di iPhone, buka Settings > General > iPhone Storage. Lalu gulir ke bawah, pilih aplikasi, dan ketuk Delete App.

Jika pengguna tidak ingin menghapus aplikasi sepenuhnya dari iPhone, pengguna dapat memilih Offload Apps. Ini akan menghapus instalasi aplikasi tanpa menghapus dokumen dan datanya.

3. Hapus foto dan video

Beberapa file terbesar di iPhone mungkin berupa foto dan video. Untuk menghapusnya, buka aplikasi Photos dan buka Library. Lalu ketuk All Photos dan ketuk Select di pojok kanan atas. Terakhir, pilih foto dan video yang ingin dihapus dan ketuk ikon tempat sampah.

Setelah pengguna menghapus foto, foto tersebut akan tetap ada di iPhone selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus. Oleh karena itu, untuk mengosongkan ruang di iPhone, pengguna juga harus membuka Album dan gulir ke bawah ke bagian Recently Deleted.

Itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengosongkan #ruang #penyimpanan #iphone #biar #lemot

KOMENTAR