Cara Mudah Mengganti Kata Sandi WiFi di Router, Lindungi Jaringan!
Ilustrasi WiFi. [Dreamlike Street/Unsplash]
14:16
17 Mei 2024

Cara Mudah Mengganti Kata Sandi WiFi di Router, Lindungi Jaringan!

Sebagian besar WiFi diamankan dengan kata sandi atau password. Namun, kata sandi tersebut mungkin sudah diingat setelah terhubung dengan banyak perangkat.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mengganti kata sandi secara berkala di router demi keamanan.

Mengubah kata sandi WiFi sangat mudah, meskipun prosesnya berbeda-beda tergantung merek dan model router.

Untuk masuk ke pengaturan router, baik di aplikasi atau browser web, pengguna sering kali memerlukan username admin dan kata sandi router. Ini berbeda dengan kata sandi WiFi dan umumnya dicetak pada router atau disertakan dengan dokumentasinya. Berikut ini cara mengubah kata sandi WiFi di router:

Cara mengubah kata sandi WiFi melalui aplikasi

Banyak router modern dilengkapi dengan aplikasi yang terpasang untuk membantu pengguna mengelola pengaturan dan konfigurasi perangkat.

Untuk melakukannya, berbeda-beda setiap aplikasi router. Namun, yang harus pengguna lakukan adalah mencari pengaturan yang biasanya ditunjukkan sebagai ikon roda gigi.

Kemudian, cari opsi kata sandi WiFi atau Edit kata sandi dan sejenisnya. Setelah itu, masukkan kata sandi baru pada kolom yang tersedia.

Cara ganti password WiFi Indihome (freepik)Ilustrasi router WiFi. (freepik)

Cara mengubah kata sandi WiFi melalui browser web

Baik router dilengkapi aplikasi atau tidak, pengguna selalu dapat mengubah kata sandi WiFi melalui tab browser desktop. Seperti halnya aplikasi, detail prosesnya berbeda-beda, tetapi secara umum prosesnya sama untuk setiap router.

Pastikan komputer dekstop atau laptop pengguna terhubung ke router melalui WiFi atau koneksi kabel, kemudian buka tab browser baru dan ketik alamat router. Biasanya alamat yang digunakan "192.168.1.1" atau "192.168. 0,1".

Alamat yang diperlukan biasanya tercetak di router atau di suatu tempat di dokumentasi yang menyertainya. Jika tidak, pencarian web untuk merek dan model router akan mengungkapkan alamat yang perlu diketik di browser.

Setelah itu selesai, pengguna cukup mencari opsi yang tepat seperti WiFi atau Security dan cari bagian kata sandi untuk menggantinya di router.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk mengubah kata sandi WiFi di router dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mudah #mengganti #kata #sandi #wifi #router #lindungi #jaringan

KOMENTAR