iPhone 11 vs iPhone SE 3rd Gen, Mana yang Masih Layak Beli?
iPhone 11 vs iPhone SE 3rd Gen. [Suara.com]
10:48
11 Mei 2024

iPhone 11 vs iPhone SE 3rd Gen, Mana yang Masih Layak Beli?

Mana yang lebih layak beli ditahun 2024 antara iPhone 11 vs iPhone SE 3rd Gen? Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan. Simak perbandingan spesifikasi iPhone murah ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran iPhone SE 3rd Gen sejak tahun 2022 lalu sebagai opsi iPhone murah telah membuat banyak orang bingung.

Dengan desain yang mirip iPhone 8, tapi iPhone SE 3rd Gen memiliki spesifikasi yang lebih baik ketimbang iPhone XR dan iPhone 11. 

Itulah mengapa, banyak orang bingung memilih mana yang lebih layak dibeli pada tahun 2024 ini antara iPhone 11 dengan iPhone SE 3rd Gen.

Tidak ada keraguan bahwa  Phone SE Gen 3 merupakan ponsel pintar yang lebih kecil dan solid, dengan harga terjangkau bagi calon pengguna. 

Mulai dari Rp7 jutaan, gadget bertenaga A15 Bionic berkemampuan 5G ini adalah iPhone paling terjangkau yang dijual resmi Apple.

Jika Anda bingung mana yang lebih layak beli antara iPhone 11 dan iPhone SE 3rd Gen, berikut Suara.com telah merangkum beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

3 Alasan Anda harus beli iPhone SE 3rd Gen

iPhone SE 3. [Instagram/@iboxindonesia]iPhone SE 3. [Instagram/@iboxindonesia]

1. Anda menginginkan prosesor yang lebih cepat

Meskipun lebih kecil dan punya desain yang "tidak kekinian", namun iPhone SE memiliki spesifikasi yang bisa menyaingi ponsel pintar terbaru besutan Apple.

Hal tersebut lantaran ponsel ini sudah ditenagai chip A15 Bionic, prosesor yang sama yang ditemukan di  iPhone 13 Pro.

Saat Jason Cipriani dari ZDNET melakukan uji benchmark pada iPhone SE, skornya masing-masing 1.731 dan 4.316 pada pengujian single-core dan multicore, dua kali lipat hasil Pixel 6 Pro kelas atas Google . 

2. Anda menginginkan investasi jangka panjang dengan harga bagus

Tak dapat dipungkiri bahwa iPhone 11 termasuk ke dalam ponsel lama Apple. Oleh sebab itu, akan tiba masa di mana Apple tak akan lagi merilis pembaharuan di perangkat mereka yang satu ini.

Akan tetapi dengan membeli iPhone SE (2022), Anda dapat mengharapkan SE menerima dukungan perangkat lunak yang lebih lama. iPhone SE adalah investasi masa depan yang akan berjalan baik selama bertahun-tahun ke depan. 

3. Anda menginginkan iPhone yang ringkas

Tak seperti iPhone 11, iPhone SE 3rd Gen memiliki desain yang lebih ringkas dan nyaman digenggam. Ini akan sangat berpengaruh dan dipertimbangkan oleh Anda yang menginginkan kenyamanan.

2 Alasan Anda perlu membelu iPhone 11

iPhone 11. [Apple]iPhone 11. [Apple]

1. Anda menginginkan desain iPhone yang lebih baru

Meskipun iPhone SE dirilis pada awal tahun 2022, namun dari segi hardware praktis tidak bisa dibedakan dengan iPhone SE (2020) yang memiliki desain yang sama dengan iPhone 8 tahun 2017.

Begitu pula dengan iPhone 11 yang menawarkan desain daur ulang dari pendahulunya iPhone XR. Namun berbeda dengan SE, iPhone 11 memiliki tampilan yang jauh lebih dominan di layar, dengan notch di tengah untuk Face ID (face unlock) dibandingkan sensor sidik jari Touch ID yang lama.

Layar iPhone 11 juga jauh lebih besar dari SE, dengan layar Liquid Retina 6,1 inci. Bagi pecinta hiburan yang menginginkan pengalaman menonton terbaik, iPhone dengan layar yang lebih besar mungkin lebih bermanfaat.

2. Anda menginginkan lensa kamera ultrawide

Untuk penggunaan santai dan profesional, iPhone SE dan iPhone 11 melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengambil foto dan video pada siang atau malam hari.

Lensa lebar 12MP yang sama dapat ditemukan di bagian belakang kedua perangkat dan memungkinkan perekaman video 4K, stabilisasi gambar optik, dan semua bagian komputasi Apple, termasuk Deep Fusion, Smart HDR, dan Mode Malam. 

Namun iPhone 11 membawa kameranya selangkah lebih maju dengan menggunakan lensa ultrawide 12MP untuk pengambilan gambar lanskap yang memukau.

Dengan bidang pandang 120 derajat, iPhone 11 dapat menangkap subjek yang lebih luas dan memberikan konteks lebih banyak dibandingkan kamera bawaan. 

Itulah beberapa informasi perbandingan spesifikasi yang mungkin Anda perlukan untuk menentukan mana yang lebih layak beli antara iPhone 11 vs iPhone SE 3rd Gen.

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #iphone #iphone #mana #yang #masih #layak #beli

KOMENTAR