Terkuak Alasannya! Kata Netizen Rata-rata Pengemudi Toyota Fortuner Arogan dan Sok Jagoan
Beredar di media sosial yang memperlihatkan sebuah mobil Toyota Fortuner melaju dengan kencang dari bahu jalan hingga menabrak mobil microbus atau Elf. (Istimewa)
13:48
9 Mei 2024

Terkuak Alasannya! Kata Netizen Rata-rata Pengemudi Toyota Fortuner Arogan dan Sok Jagoan

- Toyota Fortuner berulah lagi. Kali ini terlibat kecelakaan di Jalan Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed atau layang MBZ. Toyota Fortuner berpelat dinas polisi itu terekam ugal-ugalan, melaju kencang dari bahu jalan lalu menghantam sebuah microbus Mitsubishi atau dikenal dengan Elf.   Di media sosial (medsos) baik di Instagram dan X (sebelumnya Twitter), banyak video beredar yang memperlihatkan arogansi mobil Toyota Fortuner tersebut. Netizen bahkan sampai nggak heran dengan kelakuan pengemudi Toyota Fortuner yang selalu dianggap arogan dan sok jagoan.   Toyota Fortuner berwarna hitam itu terekam dalam sebuah dashcam melintas dengan kecepatan tinggi di kilometer 16 arah Jakarta pada Senin 6 Mei 2024. Tak hanya itu, mobil itu juga menyalip dari bahu jalan, hingga menabrak sebuah mobil elf hingga terlibat kecelakaan beruntun.   Berdasarkan catatan rekaman kecepatan kamera dashboard atau dashcam yang beredar, tampak bahwa Toyota Fortuner berpelat dinas Polri itu menyalip dari bahu jalan dengan kecepatan di atas 80 Km/Jam. Manuver berbahaya itu mengejutkan pengendara sekitar saat lalu lintas dalam situasi ramai lancar.   Tak lama setelah mobil itu menyalip, pengendara di belakangnya terkejut karena mobil itu menghantam sebuah elf hingga nyaris jatuh ke bawah tol layang.    "Kayanya nyalip lewat bahu jalann udh kebiasaan fortuner tiap di mbz deh. Setiap lewat mbz pasti fortuner sering bgt kek gini dan ngebutt puoll, pdhl di mbz itu rawan bgttt, bener bener harus bisa stabil karna oleng dikit bisa wassalam," kata netizen dengan akun X @phobicly.   Netizen lainnya juga mengaku tidak heran dengan maraknya arogansi pengemudi Toyota Fortuner di jalan raya. Netizen menilai hal tersebut sudah lumrah dan seolah jadi tabiat pengemudi jenis mobil tersebut.   "Nggak heran kalau ama Fortuner. Kalo nggak Pajero, Fortuner, begitu terus," tulis netizen dengan akun @yeremiaS.   Mengingat kebiasaan pengemudi mobil jenis tersebut yang memang demikian adanya, seringkali ugal-ugalan, alasannya menurut netizen bisa jadi karena dimensi mobil tersebut yang memang berpostur lebih tinggi ketimbang mobil lain di jalan raya kebanyakan.   Postur demikian membuat pengemudi Toyota Fortuner dan SUV sejenisnya merasa "commanding". Sebab, memang saat mengemudi Toyota Fortuner, mobil lain di jalan raya akan terasa kecil dan secara visual lebih rendah.   Secara postur, Toyota Fortuner ini memang lebih besar dan tinggi jika dibandingkan dengan mobil-mobil lain di jalan. Semisal MPV populer, city car atau hatchback, apalagi sedan, Fortuner memiliki badan yang lebih besar.   Dilansir dari laman Tunas Toyota, nerbicara mengenai dimensi, panjang Fortuner adalah 4,795 mm, lebar 1,855 mm dan tinggi fortuner adalah 1,835 mm. Mobil ini juga memiliki ukuran jarak sumbu atau Wheelbase 2,745 mm.   

  Dari detail ukuran tersebut mungkin sudah terbayang bagaimana terasa bahwa berkendara menggunakan mobil ini dengan ukurannya yang besar, akan terasa dominan di jalan raya.   Selain ukuran, kenyamanan mobil ini juga didukung dengan suspensi yang sangat mumpuni. Pada bagian depan sudah menggunakan suspensi Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer, sedangkan suspensi belakang fortuner terbaru menggunakan 4-Link dengan Lateral Rod.    

Editor: Kuswandi

Tag:  #terkuak #alasannya #kata #netizen #rata #rata #pengemudi #toyota #fortuner #arogan #jagoan

KOMENTAR