Starlink Uji Coba di IKN, Menkominfo Mau Undang Elon Musk ke Indonesia
CEO SpaceX, Elon Musk. [Instagram/@elonmuskh]
13:56
3 Mei 2024

Starlink Uji Coba di IKN, Menkominfo Mau Undang Elon Musk ke Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi memastikan Satelit Starlink milik Elon Musk akan segera melakukan uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencananya, uji coba ini dilaksanakan pada pertengahan Mei mendatang.

"(Uji coba) Itu Mei di IKN, pertengahan Mei," kata Budi Arie saat ditemui di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024).

Menkominfo mengakui kalau Starlink sudah siap beroperasi dan menjual layanannya ke Indonesia. Sebab mereka sudah memenuhi syarat seperti uji layak operasi (ULO).

"Sudah (semua), tinggal uji saja entar," lanjut dia.

Bahkan Budi Arie tengah mempertimbangkan untuk mengundang Elon musk ke Indonesia. Hanya saja Budi Arie mengakui kalau itu akan sulit karena Elon Musk banyak kesibukan.

"Saya kurang bestie (dengan Elon Musk). Saya kenal tapi kurang bestie. Ya tunggu beliau lah, beliau kan sibuk. Lagi dilobi supaya datang," kelakar dia.

Harga internet Starlink di Indonesia

Satelit Starlink milik Elon Musk ini dipastikan segera hadir di Indonesia. Penyedia layanan internet berbasis satelit ini pun sudah menjual paket langganan per bulan.

Berdasarkan pantauan Suara.com di situs Starlink Indonesia pada Minggu (7/4/2024), harga Starlink di Indonesia dibanderol Rp 750.000 per bulan. Biaya ini berlaku untuk paket Perumahan.

"Streaming film, panggilan video, game, dan lainnya. Standar. Cocok untuk keluarga. Rp 750.000 per bulan. Kuota tanpa batas," begitu deskripsi paket internet Starlink yang dikutip dari situs resminya, Minggu (7/4/2024).

Namun harga Rp 750 ribu per bulan ini belum termasuk biaya perangkat yang berfungsi menerima internet dari satelit ala router. Nah harga perangkat ini dibanderol Rp 7,8 juta.  

Selain paket rumahan, penyedia layanan internet satelit milik SpaceX ini juga menyediakan paket bernama 'Jelajah' dan 'Kapal'. Jelajah disediakan untuk orang-orang yang bepergian ke tempat terpencil, sedangkan Kapal untuk mereka yang sedang berada di tengah laut atau perahu,

Sayang paket 'Jelajah' dan 'Kapal' ini belum memberikan rincian harga layaknya paket 'Perumahan'. Namun dua paket itu sudah menampilkan informasi berupa cara menggunakan internet satelit Starlink hingga isi kotak apabila resmi berlangganan.

Jika dilihat dari jangkauan wilayah dari situs resminya, Indonesia adalah negara yang belum mendapatkan layanan internet Starlink. Tapi apabila kursor diarahkan ke Indonesia, akan muncul tulisan 'Mulai 2024' yang bisa diartikan kalau layanan ini bakal hadir tahun ini.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #starlink #coba #menkominfo #undang #elon #musk #indonesia

KOMENTAR