Wuling Luncurkan Cloud EV, Langsung Saja 'Adu Banteng' dengan BYD Dolphin, Simak Perbandingannya
Mobil listrik Wuling Cloud EV. (Istimewa)
08:08
3 Mei 2024

Wuling Luncurkan Cloud EV, Langsung Saja 'Adu Banteng' dengan BYD Dolphin, Simak Perbandingannya

- Peta persaingan kendaraan listrik terasa sengitnya di pameran khusus EV yang dibuat Periklindo atau Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia. Bertempat di JI-Expo, Kemayoran, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) kembali digelar dan menjadi pestanya industri EV di Indonesia.

Di acara tersebut, merek kendaraan listrik akan langsung adu kuat antarmerek tanpa dibayang-bayangi kehadiran kendaraan bermesin pembakaran konvensional. Masyarakat jadi bisa melihat dan membandingkan langsung andai-andai mereka tertarik meminang EV.

Di PEVS 2024, persaingan makin terasa sengit dengan kehadiran mobil listrik baru. Salah satunya dari Wuling. Di pameran tersebut, Wuling memperkenalkan mobil listrik baru mereka, Cloud EV.

Wuling sendiri belum secara resmi mengungkapkan berapa harga mobil listrik terbaru mereka itu. Namun demikian, Wuling memberikan estimasi bahwa Cloud EV akan berada di kisaran harga Rp 400 jutaan dengan harga pre-book di angka Rp 410 juta.

Melihat banderol harganya, lalu siapa pesaing Wuling Cloud EV? Tampaknya rival sepadannya adalah BYD Dolphin. Berikut perbandingan keduanya.

Mobil listrik BYD Dolphin. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

BYD Dolphin

BYD Dolphin dilempar ke pasaran dengan harga mulai Rp 425 jutaan. Secara spesifikasi, BYD Dolphin cukup menjanjikan. Mobil listrik ini ditawarkan dengan dua varian, yaitu Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range dengan rentang jarak jelajah di 410 km dan 490 km dalam sekali pengisian daya.

Untuk jeroannya, BYD Dolphin dibekali baterai tipe Blade Battery. Untuk tipe Dynamic Standard kapasitas baterainya sebesar 44,9 kWh. Sedangkan Premium Extended Range baterainya berkapasitas 60,48 kWh.

BYD Dolphin di bagian penggeraknya dilengkapi dengan motor tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang menggerakkan roda depan. Untuk pengecasan, tersedia kabel charger portabel.

Selain itu, BYD Dolphin bisa juga dicas dengan charger AC Type 2. BYD Dolphin juga sudah punya port charger DC tipe CCS 2. Untuk tipe Standard bisa dicas dengan arus DC sampai 60 kW. Sedangkan tipe Premium bisa sampai 80 kW.

Mobil ini sudah punya velg alloy yang dibalut ban berukuran 195/60 R16 (tipe Standard) atau 205/50 R17 (tipe Premium). Fitur keselamatannya juga lengkap dengan BYD Dolphin punya airbag depan, samping dan tirai.

Fitur canggih lainnya yang ada di BYD Dolphin antara lain Door Open Warning, kamera monitor 360 derajat, dua radar di depan dan tiga radar di belakang, auto hold, adaptive cruise control, automatic emergency braking system, lane departure warning, lane keeping support, predictive collision warning, rear collision warning, blind spot detection, rear cross traffic alert, rear cross traffic brake, lane departure prevention, emergency lane keeping assist, serta lane change collision warning.

Di bagian interior, BYD Dolphin punya sistem hiburan layar sentuh berukuran 12,8 inci. Uniknya, head unit ini bisa berputar untuk menampilkan citra landscape maupun portrait. Sistem hiburan itu juga bisa terkoneksi dengan ponsel melalui Bluetooth. Khusus tipe Premium, BYD Dolphin punya panoramic glass roof.

Wuling Cloud EV

Beda dengan BYD Dolphin, Wuling Cloud EV hanya tersedia varian dengan baterai Lithium Iron Phosphate atau LFP 50,6 kWh dengan jarak tempuh 460 km.

Pada bagian interior, Cloud EV menghadirkan sejumlah keunggulan yang menjadikannya sebuah mobil listrik dengan kenyamanan seperti berada di rumah. Mobil listrik ini menerapkan rasio pemanfaatan ruang hingga 84,7 persen sehingga memaksimalkan ruang kaki yang nyaman bagi seluruh penumpang baik baris pertama maupun kedua.

Penggunaan material soft touch pada setiap sudut interior dengan panel berwarna rose gold mempercantik sekaligus menambah nuansa kemewahan Cloud EV. Seluruh keunggulan pada interior Cloud EV semakin lengkap dengan adanya layar besar Intelligent Head Unit 15,6 inci yang berfungsi sebagai pusat kendali kendaraan dan fitur entertainment serta layar MID berukuran 8,8 inci pada bagian dashboard.

Kendaraan listrik ketiga Wuling ini juga dilengkapi dengan beragam fitur teknologi pintar. Wuling mendukung Cloud EV dengan Wuling Smart Ecosystem untuk menunjang pengalaman berkendara yang tenang dan aman. Ragam inovasi tersebut terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Fitur ADAS dihadirkan dengan memanfaatkan kamera canggih yang terbagi menjadi empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

Beralih ke inovasi selanjutnya, yakni fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Fitur ini mendapatkan pembaruan yang memampukan penggunanya untuk mengakses lebih banyak fitur, diantaranya adalah membuka bagasi, mengetahui sisa daya baterai, sampai dengan mengganti mode berkendara.

Selain itu, Wuling Cloud EV juga dilengkapi dengan fitur teknologi pintar lainnya, yakni smart electric tailgate yang dapat dioperasikan melalui perintah suara, head unit, dan key detection sehingga menambah kemudahan saat memasukan dan mengeluarkan barang bawaan melalui bagasi.

Teknologi pintar lainnya, seperti All-Around 360 derajat Camera, Wireless Charger, USB Port dengan kemampuan Fast Charging 20W, hingga 6 speaker turut tersemat pada mobil listrik ini.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #wuling #luncurkan #cloud #langsung #saja #banteng #dengan #dolphin #simak #perbandingannya

KOMENTAR