Jangan Charger iPhone Sambil Ditinggal Tidur Semalaman! Ini Akibatnya
Ilustrasi charger iPhone/ pengisian daya iPhone.
16:24
29 April 2024

Jangan Charger iPhone Sambil Ditinggal Tidur Semalaman! Ini Akibatnya

Beberapa orang kerap kali mengisi daya baterai (charger) iPhone sembari ditinggal tidur semalaman. Namun ternyata kebiasaan itu berbahaya.

Hal ini diungkap sendiri oleh Apple, perusahaan yang memproduksi iPhone. Informasi ini termaktub dalam laman resmi perusahaan berjudul Informasi penting mengenai keselamatan untuk iPhone.

Apple memperingatkan agar pengguna tidak tidur di atas iPhone yang sedang dalam mode charger, baik itu charger kabel ataupun nirkabel (Magsafe).

"Jangan tidur di atas perangkat, adaptor daya, atau pengisi daya nirkabel, atau meletakkan di bawah selimut, bantal, atau tubuh Anda, saat tersambung ke sumber listrik," tulis Apple, dikutip dari Phone Arena, Senin (29/4/2024).

Perusahaan asal Cupertino itu juga meminta pengguna agar men-charger iPhone di tempat yang memiliki ventilasi cukup atau tidak pengap. Menurut Apple, hal itu dilakukan demi mengurangi panas yang ada di ponsel.

Jika kalian nekat, iPhone yang ditinggal charger semalaman bisa saja terbakar. Hal ini pun sebenarnya berlaku juga untuk HP Android.

Selain itu Apple juga memperingatkan pengguna untuk menggunakan charger maupun kabel resmi ataupun dari pihak ketiga yang memiliki sertifikasi Made for iPhone (MFi). Biasanya logo MFi ini bisa kalian temukan di boks charger ataupun kabel.

Menurut Apple, charger resmi ataupun third party tapi bersertifikat MFi adalah perangkat yang sudah sesuai peraturan internasional dan sesuai standar keselamatan.

"Adaptor lain mungkin tidak memenuhi standar keselamatan yang berlaku, dan mengisi daya dengan adaptor tersebut dapat menimbulkan risiko kematian atau cedera," lanjut Apple.

Apple juga menyarankan kapan charger iPhone harus diganti apabila kondisinya seperti ini

  • Adaptor charger rusak
  • Kabel terkelupas atau rusak
  • Charger ketumpahan cairan atau air
  • Adaptor charger jatuh dan rusak

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #jangan #charger #iphone #sambil #ditinggal #tidur #semalaman #akibatnya

KOMENTAR